PROGRAM UPPKS UNTUK PENGEMBANGAN PEREMPUAN DALAM PEMBANGUNAN BERBASIS KELURAHAN

Main Article Content

Puji Permata Suci

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan peranan perempuan dalam pembangunan berbasiskan kelurahan melalui program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) di kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang membuat deskripsi atau gambaran secara sistematis dan akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Informan penelitian mulai dari DPRD kota Padang, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Perangkat Kelurahan, kader dan anggota UPPKS. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan uji keabsahan data melalui teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan peranan perempuan dalam pembangunan berbasiskan kelurahan melalui program UPPKS dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dengan kegiatan pelatihan dan pemberian modal kepada perempuan peserta KB aktif. Namun dalam penerapannya berbagai permasalahan muncul.  Kegiatan pelatihan yang diberikan belum dapat membantu perempuan untuk memiliki pengetahuan dan skill dan kegiatan pemberian modal usaha yang  tidak mampu digunakan dengan sebaik-baiknya oleh anggota kelompok UPPKS. Program UPPKS sangat dibutuhkan guna mengembangkan peranan perempuan dalam pembangunan terutama pada tingkat kelurahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Suci, P. (2018) “PROGRAM UPPKS UNTUK PENGEMBANGAN PEREMPUAN DALAM PEMBANGUNAN BERBASIS KELURAHAN”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(2), pp. 132-138. Available at: http://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/31 (Accessed: 26June2019).
Section
Articles

References

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Sosial. Jakarta: GP Press
Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak. 2016. Pembangunan Manusia Berbasiskan Gender 2016. Jakarta: Lintas Khatulistiwa.
Maleong, Lexy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alumni
Milles, Matthew Dan Huberman,A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Mosse, Julia Cleves. 2007. Gender dan Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Munti, Ratna Batara. 1999. Perempuan Sebagai Kepala Rumah Tangga. Jakarta Pusat: Lembaga Kajian Agama Dan Jender
Nugroho, Iwan Dan Rochmin Dahuri. 2004. Pembangunan Wilayah. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia
Peraturan Daerah Kota Padang No. 2 Tahun 2014 Tentang Pengembangan Peranan Perempuan Dalam Pembangunan Berbasiskan Kelurahan
Persatuan Wanita Indonesia. 1991. Wanita Dan Pers: Dukungan Terhadap Pembangunan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka
Puspitawati, Herien. 2012. Gender Dan Keluarga: Konsep Dan Realita Di Indonesia. Bogor: IPB Press
Susianti. 2017. “Efektivitas Program Uppks Sebagai Usaha Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Melalui Usaha Ekonomi: Studi Kasus Kelurahan Srimartani, Piyungan, Bantul.” Journal of Business Administration. Vol 1, No 2, hlm. 133-148