EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KEBIJAKAN METER PRABAYAR PADA PT. PLN PERSERO WILAYAH KERJA ULP (Unit Layanan Pelanggan) INDARUNG

Main Article Content

Pandu Wilantara
Fitri Eriyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan kebijakan meter prabayar, faktor yang mempengaruhi efektivitas pelaksanaan kebijakan dan upaya optimalisasi efektivitas pelaksanaan kebijakan  pada PT. PLN Persero Wilayah kerja ULP Indarung. Latar belakang penelitian ini adalah pengguna terbanyak meter prabayar di wilayah kerja ULP Indarung, dibandingkan wilayah kerja ULP lainya di Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di PT. PLN Persero ULP Indarung. Informan penelitian ini ditentukan secara purposive sampling. Data yang dikumpulkan yakni berupa data primer dan data sekunder melalui wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan dilakukan dengan triangulasi sumber. Data analisis yang melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, pengujian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa  pelaksanaan kebijakan meter prabayar pada PT. PLN Persero wilayah kerja ULP Indarung sudah dapat dikatakan efektif yang mengacu pada pengukuran efektivitas yang dikemukakan oleh Campbell yang meliputi keberhasilan program , keberhasilan sasaran, kepuasan terhadap program dan Pencapaian tujuan menyeluruh.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wilantara, P. and Eriyanti, F. (2019) “EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KEBIJAKAN METER PRABAYAR PADA PT. PLN PERSERO WILAYAH KERJA ULP (Unit Layanan Pelanggan) INDARUNG”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(2), pp. 162-173. Available at: http://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/37 (Accessed: 26June2019).
Section
Articles

References

Buku:
Harbani Pasolong. 2010. Teori Anistrasi Publik. Bandung : Alfabeta.
Hidayat. 1986. Teori Efektivitas Dalam Kinerja Karyawan . Gajah Mada University press. Yogyakarta.
Nawawi Ismail. 2009. Public Policy. Surabaya: Putra Media Nusantara.
Nawawi Zaidan. 2013. Manajemen Pemerintahan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Prasojo.2007. Reformasi dan Inovasi Birokrasi: Studi di Kabupaten Sregen, Jakarta: YAPPIKA-FISIP UI.
Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif : Bandung Alfabeta
Sedarmayanti.2009. Sumber Daya Manusia dan Produktifitas Kinerja. Bandung CV Mandar Maju.
Sutrisno Edy. 2011. Budaya Organisasi. Jakarta: Kencana

Jurnal dan Dokumen:
Budianto, A Dan Saragih, H. 2011. Penerapan Sistem Listrik PLN Prabayar Dengan Penggunaan dan Pengoperasian KWH Meter Prabayar Secara It Dalam E-Payment Sistem Pulsa Listrik : Jurnal Sistem Informasi. Volume 7. Nomor 2. Oktober 2011.
Hutagalung, M,K. 2011. Kilo Watt Hours (Kwh) Wireless Program Studi Sistem Komputer: Jurnal Saintikom Vol. 10 / No. 1 / Januari 2011.
Insa M, A. BUMN dan Penguasaan Negara di Bidang Ketenagalistrikan State-Owned Enterprises and State Control in The Field of Electricity Muhammad Insa Ansari Jurnal Konstitusi, Volume 14, Nomor 1, Maret 2017
Ismawati, R. 2017. Artikel Administrasi Negara. Strategi program pengendalian pencemaran dan perusakan lingkungan hidup dalam mewujudkan kesehatan lingkungan dikota Tanjung Pinang (Studi Kasus Pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang)
Janahati, N dan Isharijadi. 2013. Analisis Penerimaan Pembayaran Listrik Paska Bayar Dan Prabayar Terhadap Pendapatan Pt. Pln Di Ngawi : Jurnal Akuntansi dan Pendidikan. Volume 2. Nomor 1. April 2013.
Kartikaningdyah, E dan Octaviani, V. 2014. Analisis Pengelolaan Penjualan Energi Listrik Pascabayar Dan Prabayar Pada B’right Pln Batam: Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis Vol. 2 No. 2. 2014.
Kasman.2012. Manajemen Strategik: Analisis Pemilihan Strategi Induk Pengembangan Lembaga Pendidikan Dan Bisnis: Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 23, Nomor 6, September 2012: 487-496.
Leila R dan Najib, M. Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Listrik Pascabayar dan Listrik Prabayar terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT PLN (Persero) Area Ciputat Jurnal Manajemen danOrganisasi : Vol VII, No 3, Desember 2016.
Melkior N.N Sitokdana Dan Andeka Rocky Tanaamah.2016. Strategi Pembangunan E-Culture Di Indonesia: Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi E-Issn : 2443-2229 Volume 2 Nomor 2 Agustus 2016 132.
Noveliasari, N dkk 2016. Perlindungan hukum bagi konsumen terhadap penggunaan jasa listrik prabayar dan jasa listrik pasca bayar di PT.PLN persero kota Semarang, Jurnal perlindungan Hukum volume 5 nomor 3 tahun 2016.
Novianti ,D. 2016. Strategi pengembangan mangrove dalam mendukung pembangunan Ekowisata di Kecamatan Rembang kabupaten Rembang Provinsi Jawa Tengah: Jurnal Politik Pemerintahan, Volume 9 No. 1, Agustus 2016.
Primadany, S,R dkk. 2013. Analisis strategi pengembangan pariwisata daerah (Studi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Daerah Kabupaten Nganjuk) Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 1, No. 4, Hal. 135-143.
Mourin M Mosal.2013. Analisis efektifitas, kontribusi pajak parkir terhadap pendapatan asli daerah (PAD) dan penerapan akutansi di kota manado. Manado:Jurnal EMBE.Vol.1,No.4:374-382.
Muhammad Samsudin, dkk. 2014. Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Efektivitas Penyaluran Bantuan Sosial di Bagian Sosial Sekertariat Daerah Kabupaten Kutai Timur. Dalam E-Journal Administrative Reforn Vol. 1 No2.Tahun 2014
Naillun Ni’mah. 2016. Kefektifan Program Pengolahan Administrasi Desa secara Elektronik (PADE) sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pada Pemerintahan Desa di Desa Sidorejo Kabupaten Lamongan. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik. Vol. 4. Nomor 2. ISSN 2303-341X.
Nyak ilham, ddk. 2006. Efektivitas Kebijakan Harga Pangan Terhadap Ketahanan Pangan. Jurnal Agro Ekonomi, Volume 24 No.2, Oktober 2006 : 157-177.
Sony Bagus Purwanto.2013. Pengaruh Komunikasi, Motifasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (studi pada proyek pondasi tower di Timor Leste PT. Cahaya Inspirasi Indonesia)jurnal Aplikasi Manajemen . Volume 1. Nomor 1. Maret 2013 halaman 140.
Subagyo, A.W. dan Mubyarto.2000. efektivitas program penanggulangan pengangguran karang taruna “Eka Taruna Bhakti” Desa Sumatra Kelod Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar.” Jurnal Ekonomi dan Sosial. Volume 2Nomor 1. Hlmn 49-56.
Trisya Andisty Anggitayudha.Efektivitas pelayanan samsat corner di kantor bersama sistim administrasi manunggal satu atap (SAMSAT) Surabaya Timur. Surabaya. 2014.
Kirana, dkk. 2017. Peranan Komunikasi Pemerintah dalam Pelaksanaan Program Bersih Kampung (Studi Pada Pemerintah Desa Lopana Satu Kecamatan Amurang Timur). Vol.VI. No.2 e-Journal Acta Diurna.
Yudho Pringgo. Kualitas pelayanan perpanjangan pajak melalui layann publik STNK Keliling di Gersik. Gersik:jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik Volume 3, Nomor 2, Mei – Agustus 2015.

Most read articles by the same author(s)