STRATEGI KOMUNIKASI KPU KOTA PADANG DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMILU KADA TAHUN 2018

Main Article Content

Nilam satma
Nora Eka Putri

Abstract

Partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi menjadi tolak ukur kesuksesan KPU Kota Padang dalam menyelenggarakan pemilihan. KPU Kota Padang menargetkan tingkat Partisipasi pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018 dapat naik dari tahun sebelumnya pada tahun 2013 yang hanya 53,58%. Dalam penelitian ini akan dilihat bagaimana strategi komunikasi KPU dalam meningkatkan partisipasi masyaratakat terhadap pemilu dan faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pemilu kada 2018 di Kota Padang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh KPU Kota Padang sudah terlaksana secara optimal, walaupun masih adanya ditemukan kendala dalam melaksanankan strategi komunikasi dan itu tidak terlalu berpengaruh terhadap strategi yang telah dibuat oleh KPU Kota Padang. Kendala yang dihadapi oleh KPU Kota Padang diantaranya, 1) Kendala menyangkut dengan masalah dana yang diberikan oleh pemerintah tidak seimbang dengan jumlah penduduk yang berada di 11 kecamatan di Kota Padang, sehingga menyulitkan untuk melaksanakan kegiatan, 2) Kurangnya respon masyarakat terhadap sosialisasi yang telah diadakan oleh KPU.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
satma, N. and Putri, N. (2018) “STRATEGI KOMUNIKASI KPU KOTA PADANG DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMILU KADA TAHUN 2018”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(2), pp. 191-198. Available at: http://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/40 (Accessed: 21April2019).
Section
Articles

References

Amirullah. (2015). Manajemen Strategi Teori Konsep Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Arbi Sanit. 1997. Partai, Pemilu dan Demokrasi. cetakan pertama.. Pustaka Pelajar Yogyakarta
Bungin, H.M Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dwiningrum, Siti Irene Astuti. 2011. Desentraslisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Effendy, Onong Uchjana. 2016. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Gatara Said dan Said Dzulkiah. 2007. Sosiologi Politik Konsep dan Dinamika Perkembangan Kajian. Bandung : CV Pustaka Setia.
Mulyana, Deddy. (2013). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Nurjaman, Kadar dan Umam, Khaerul. (2012). Komunikasi dan Publik Relation. Bandung: Pustaka Setia.
O’Hair, Dan; W. Friedrich Gustav; dan Dixon, Dee, Lynda. (2009). Strategic Communication in Business and the Professions’. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rahmad, Arifin.2003. Sistem Politik Indonesia. Surabaya: SIC.
Sastroatmodjo, Sudijono. 1995. Perilaku Politik.Semarang: IKIP Semarang.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Jurnal dan Skripsi :
Chotijah. “Strategi Komunikasi KPU Kabupaten Garut dalam sosialisasi Pemilu 2014 kepada Kelompok Disabilitas di Kabupaten Garut”. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Garut P-ISSN: 2461-0836; E-ISSN: 2580-538X
Dwi Haryono , A. Margono , Syahrani. “Strategi KPU dalam Meningkatkan Partisipasi pemilih pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Samarinda tahun 2015”. eJournal Administrative Reform, 2016, 4 (2): 204-215 ISSN 2338-7637, ar.mian.fisip-unmul.ac.id
Muslimah, Siti. 2016. Evaluasi Strategi Penyelenggara Pemilu Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Di Pemilihan Umum Kepala Daerah 2015 (Studi Pada Komisi Pemilihan Umum Way Kanan), Bandar Lampung: FISIP Universitas Lampung.