PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CSR DAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Main Article Content

Sri Harningsih
Henri Agustin
Mia Angelina Setiawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility dan kebijakan dividen sebagai variabel moderasi. Penelitian ini tergolong penelitian kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017. Variabel nilai perusahaan diukur dengan menggunakan tobin’s q, variabel kinerja keuangan diukur dengan return on asset (ROA), variabel pengungkapan corporate social responsibility diukur menggunakan GRI G4 yang terdiri dari 91 item pengungkapan, dan variabel kebijakan dividen diukur dengan dividen payout ratio (DPR). Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id serta website perusahaan dan situs-situs lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, pengungkapan corporate social responsibility tidak mampu memperkuat pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan, dan kebijakan dividen tidak mampu memperkuat pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Harningsih, S., Agustin, H. and Setiawan, M. (2019) “PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CSR DAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(2), pp. 199-209. Available at: http://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/41 (Accessed: 21February2019).
Section
Articles

References

Anoraga, Pandji. 2009. Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.
Antari, Dewa A.P.P dan Dana, I Made. 2013. Pengaruh Struktur Modal, Kepemilikan Manajerial dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Universitas Udayana. Vol. 2. No. 3. Hlm: 274-288.
Fahmi, Irham. 2011. Analisis Laporan Keeuangan. Bandung: Alfabeta.
Harmono. 2011. Manajemen Keuangan: Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus dan Riset Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.
Husnan, Suad. 2012. Manajemen Keuangan . Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.
Itsnaini, Hafidah Mufliha dan Subardjo, Anang. 2017. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan yang Dimoderasi Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.6 No.6 ISSN: 2460-0585.
Mahendra, Alfredo, dkk. 2012. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. Vol. 6 No.2.
Marfuah dan Nindya, Rineko Kandera. 2017. Peran Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Konstitusional dalam Memoderasi Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi XX. Jember.
Martini, P.D dan Riharjo, I.B. 2014. Pengaruh Kebijakan Utang dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan : Kebijakan Dividen sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. No. 2. Vol. 3. Hlm: 1-15. Program Studi Akuntansi STIESIA. Surabaya.
Nuliati, Muthia Sativa. 2015. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Pertambangan. Tugas Akhir. Politeknik Negeri Sriwijaya.
Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perseroan Terbatas (“PP 47/2012”).
Pertiwi, Tri Kartika dan Pratama, Ferry MI. 2012. Pengaruh Kinerja Keuangan, Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Food and Beverage. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 1. No.2. Hal: 118-127.
Purwaningsih, Ni Kadek Irma dan Wirajaya, I Gde Ary. 2014. Pengaruh Kinerja Pada Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.7 No. 3. ISSN: 598-613.
Puspitaningtyas, Zarah. 2017. Efek Moderasi Kebijakan Dividen Dalam Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis. Vol.5 No.2 Hlm. 173-180, ISSN: 2548-9836. Universitas Jember.
Putra, A. A.N.D.A. dan Lestari, P.V. 2016. Pengaruh Kebijakan Dividen, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud. 5(7): 4044-4070. ISSN: 2302-8912.
Putri, Ayu Oktyas dan Suwitho. 2016. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan CSR sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen.
Rocmah, Siti Ainur dan Fitria, Astri. 2017. “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 6, No. 3. ISSN: 2460-0585.
Setyawan, Ragil dan Akmalia Alien. 2016. Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Riset Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Susianti, Maria Ni Luh dan Yasa, Gerianta Wirawan. 2013. Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pemoderasi Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility. ISSN: 2302-8556. Vol. 3. No. 1. Hlm: 73-91. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Bali.
Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (“UUPT”)