PENGARUH MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PERAWATAN MESIN KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG

Main Article Content

Bintha Ustafiano
Wawan Purwanto

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti terhadap siswa SMK Muhamadiyah 1 yang kurang termotivasi dalam melaksanankan proses pembelajaran perawatan mesn kendaraan ringan dan belum adanya kesiapan siswa untuk mengikuti praktek , dari permasalahan tersebut peneliti tergerak untuk melihat pengaruh dari motivasi dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar perawatan mesin kendaraan ringan. Jenispenelitian ini adalah penelitian deskriptif kolerasi.  Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XII  kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan SMK Muhammadiyah 1 Padang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 60 orang, sedangkan sampel terdiri dari 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket) dengan mengunakan skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis melalui analisis deskriptif dengan metode pengkategorian penilaian berdasarkan rerata skor dan persentase penilaian. Dan uji hipotesis. Hasil analisis membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara motivai siswa (X1) dan kemandirian belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y). Temuan ini diperoleh berdasarkan rangkaian analisis data yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara motivai siswa (X1) dan kemandirian belajar (X2) terhadap hasil belajar (Y) uji F sebesar 3,009 dengan ttabel 1,882, karena Fhitung>Ftabel maka hipotesis ketiga yang diajukan diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ustafiano, B. and Purwanto, W. (2019) “PENGARUH MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PERAWATAN MESIN KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(2), pp. 234-241. Available at: http://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/45 (Accessed: 21February2019).
Section
Articles

References

Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Oemar Hamalik. 2006. Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Uyanto, Stanislaus S 2006. Pedoman Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta. Graha Ilmu
Purwanto, Ngalim. 2014. Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya