EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM BUS SEKOLAH GRATIS OLEH UPTD PERHUBUNGAN KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS

Main Article Content

Muhammad Ilham
M. Fachri Adnan
Nora Eka Putri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan program bus sekolah gratis oleh UPTD Perhubungan Kecamatan Mandau dan mengetahui faktor yang mempengaruhi pelaksanaan bus sekolah gratis oleh UPTD Perhubungan Kecamatan Mandau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan metode/teknik Purposiv Sampling, dimana pemilihan informan dilakukan secara sengaja dengan beberapa pertimbangan tertentu agar data yang diperoleh nantinya bisa representatif. Jenis data yang terdapat dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data ini penulis kumpulkan dengan melakukan studi dokumentasi dan wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara dan catatan lapangan. Teknik menguji keabsahan data dengan triangulasi sumber. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, interpretasi data dan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Evaluasi dalam pelaksanaan program bus sekolah gratis oleh UPTD Perhubungan Kecamatan Mandau, untuk mengkomunikasikan informasi mengenai pelaksanaan bus sekolah gratis disampaikan langsung oleh pihak UPTD Perhubungan kepada masing-masing sekolah melalui kepala sekolah, dengan sumberdaya pelaksana program bus sekolah gratis merupakan pihak UPTD Perhubungan Kecamatan Mandau, namun struktur organisasi pelaksana program belum ada. (2) Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan bus sekolah gratis dilihat dari segi keamanan, keselamatan dan kenyamanan sudah cukup baik, serta sarana dan prasarana seperti halte telah tersedia

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ilham, M., Adnan, M. F. and Putri, N. (2019) “EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM BUS SEKOLAH GRATIS OLEH UPTD PERHUBUNGAN KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(2), pp. 286 - 294. Available at: http://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/51 (Accessed: 26June2019).
Section
Articles

References

Abidin, Said Zainal. 2012. Kebijakan Publik. Jakarta: Salemba Humanika.

Agustino, Leo. 2008. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

As’ari, Hasim. 2007. Analisis Efektifitas Implementasi Kebijakan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kota Pekanbaru (kasus di KecamatanTenayan Raya). Tesis. PPS UNRI:Pekanbaru.

Dunn, William N. 2003. Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Oktavianus Wijaya. 2015. “ Evaluasi program bus sekolah di Kota Surabaya”. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik. 2015.

Sumaryadi, I Nyoman. 2005. Efektifitas Implementasi Kebijakan Otonomi Daerah Jakarta : Citra Utama.

Uswatul Fitroh. 2016. “ Efektifitas Pelayanan Angkutan Bus Sekolah Gratis Oleh Dinas Perhubungan Komunikasi Kabupaten Blitar”. Hasil Penelitian.UNESA

Wahab, Solichin. 2008. Implementasi Kebijakan Publik. Bnadung: AIPI Bandung. Peraturan Menteri Perhubungan Tahun 2015 Tentang Angkutan Transportasi Umum.

Winarno, Budi. 2012. Kebijakan Publik, Teori dan Proses. Yogyakarta : Medpress

Wiratri. 2013. “ Efektifitas program siaran konseling di Radio Trijaya bagi Masyarakat Yogyakarta”. Jurnal Ilmu komunikasi.