PELAKSANAAN PENYULUHAN PERTANIAN MENURUT KELOMPOK TANI KORONG SUNGAI KALU NAGARI KUDU GANTING BARAT KECAMATAN V KOTO TIMUR KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Main Article Content

Laila Tussa'diyah
Setiawati Setiawati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya kehadiran dan minat warga belajar/kelompok tani dalam mengikuti pembelajaran penyuluhan pertanian. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) pelaksanaan penyuluhan pertanian dilihat pada aspek tujuan pembelajaran, (2) pelaksanaan penyuluhan pertanian dilihat dari aspek materi pembelajaran, (3) pelaksanaan penyuluhan pertanian dilihat dari aspek metode pembelajaran, dan (4) pelaksanaan penyuluhan pertanian dilihat pada aspek evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan populasi penelitian ini adalah seluruh peserta kelompok tani aur sarumpun yang berjumlah 40 orang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 30 orang yang diambil dari 75% dari populasi. Data dikumpulkan melalui angket atau kuesioner menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan penyuluhan pertanian dalam aspek tujuan pembelajaran sudah sangat baik, (2) pelaksanaan penyuluhan pertanian dalam aspek materi pembelajaran sangat baik, (3) pelaksanaan penyuluhan pertanian dalam aspek metode pembelajaran sangat baik, dan (4) pelaksanaan penyuluhan pertanian dalam aspek evaluasi pembelajaran juga sudah sangat baik. Kesimpulan penelitian ini bahwa pelaksanaan penyuluhan pertanian sudah terlaksana dengan sangat baik. Saran untuk penelitian ini kepada warga belajar/kelompok tani agar menambah dan menerapkan pengetahuan yang telah diberikan oleh penyuluh, agar penyuluhan pertanian terlaksana dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tussa’diyah, L. and Setiawati, S. (2019) “PELAKSANAAN PENYULUHAN PERTANIAN MENURUT KELOMPOK TANI KORONG SUNGAI KALU NAGARI KUDU GANTING BARAT KECAMATAN V KOTO TIMUR KABUPATEN PADANG PARIAMAN”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(2), pp. 323 - 331. Available at: http://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/58 (Accessed: 21April2019).
Section
Articles