PEMANFAATAN BANTUAN GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS) OLEH KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUB) NELAYAN DI JORONG PASIA TIKU KABUPATEN AGAM

Main Article Content

Aulia Sundari
Fitri Eriyanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan bantuan Global Positioning System (GPS) oleh Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan di Jorong Pasia Tiku Kabupaten Agam. Dalam hal ini Pemerintah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat memberikan alat bantu GPS yang disalurkan kepada KUB nelayan dengan tujuan untuk pemberdayaan masyarakat nelayan di Jorong Pasia Tiku Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Jorong Pasia Tiku Nagari Tiku Selatan Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Teknik pemilihan informan adalah purposive sampling, data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pemberian bantuan yang dilaksanakan  oleh pemerintah melalui DKP Provinsi Sumatera Barat yaitu pemanfaatan bantuan GPS oleh KUB nelayan di Jorong Psia Tiku Kabupaten Agam merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan alat tangkap GPS sehingga dapat meningkatkan hasil tangkap nelayan setelah menggunakan alat bantu serta meningkatkan pendapatan nelayan yang merupakan pemberdayaan masyarakat nelayan.  

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sundari, A. and Eriyanti, F. (2019) “PEMANFAATAN BANTUAN GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS) OLEH KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUB) NELAYAN DI JORONG PASIA TIKU KABUPATEN AGAM”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(3), pp. 416 - 423. doi: 10.34004/r2j.v1i3.74.
Section
Sosial Sciences

Most read articles by the same author(s)