EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PADANG

Main Article Content

Witya Tryanti
Aldri Frinaldi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya ketidaksesuaian data penduduk pemilik NIK karena data yang terdaftar adalah data penduduk lain, banyaknya NIK dan Nomor KK penduduk yang yang tidak online sehingga pengurusan dokumen penting seperti paspor, SIM, NPWP, sertifikat hak atas tanah, dan lain sebagainya tidak bisa diterbitkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Efektivitas implementasi e-Government dalam pelayanan kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang; Faktor yang menyebabkan NIK dan Nomor KK Penduduk tidak online; Kendala dan upaya yang dilakukan pada implementasi e-Government dalam pelayanan kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan ditentukan dengan metode purposive sampling dan insidental sampling. Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi e-Government yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang dalam pelayanan kependudukan belum bisa dikatakan efektif sehingga tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dan pelayanan kependudukan yang prima seperti yang diharapkan belum dapat tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Tryanti, W. and Frinaldi, A. (2019) “EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PADANG”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(3), pp. 424 - 435. doi: 10.34004/r2j.v1i3.75.
Section
Sosial Sciences