UPAYA BADAN PEMERIKSA KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN PUBLIK (STUDI PENANGANAN INFORMASI PADA MEDIA ELEKTRONIK)

Main Article Content

Dina Syafitri
Aldri Frinaldi

Abstract

Kepercayaan publik merupakan unsur yang sangat penting dan mendasar untuk menjakankan administrasi publik. Penelitian ini di lakukan sebatas untuk mengetahui dan memperoleh gambaran upaya Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat dalam membangun kepercayaan publik dengan melakukan penanganan informasi pada media elektronik.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik Porposive sampling dalam penentuan informan. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekretariat BPK RI Perwakilan Sumatera Barat, Kasubbag Hubungan Masyarakat & Tata Usaha  Kantor Perwakilan dan 3 Staff Hubungan Masyarakat & Tata Usaha Kantor Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik member check diakhir wawancara dan analisis data diperoleh dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat dalam penanganan informasi pada media elektronik dengan mengacu kepada 7 unsur tahapan-tahapan penanganan informasi yang  meliputi penciptaan Informasi, pemeliharaan saluran informasi, seleksi dan transmisi selektif, penyimpanan dan penelusuran informasi, penggunaan informasi, dan penilaian kritis dan umpan balik sudah terlaksana dan harapannya Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat tetap bisa mempertahankan performa dalam penanganan informasi melalui saluran website dan Pusat Informasi Komunikasi yang sudah baik, disarankan kepada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat untuk menambah saluran komunikasi media sosial sendiri seperti instagram, facebook, twitter dan youtube agar lebih menjangkau masyarakat dalam memberikan informasi terbaru pada zaman saat ini yang serba elektronik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Syafitri, D. and Frinaldi, A. (2019) “UPAYA BADAN PEMERIKSA KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN PUBLIK (STUDI PENANGANAN INFORMASI PADA MEDIA ELEKTRONIK)”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(3), pp. 483-490. doi: 10.34004/rrj.v1i3.81.
Section
Sosial Sciences