KONTRIBUSI KREATIVITAS DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN PADA KELAS X TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 SOLOK

Main Article Content

Indri Lidiya Putri
Ambiyar Ambiyar

Abstract

Proses pembelajaran di SMK Negeri 2 Solok terlihat bahwa masih banyak siswa yang pasif, kurang aktif dalam berkomunikasi dengan guru, seringkeluar masuk kelas, tidak konsentrasi dalam belajar dan lebih suka menyalin pekerjaan teman. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkapkan : 1) hubungan antara kreativitas siswa dengan hasil belajar, 2) lingkungan belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin di SMK Negeri 2 Solok, 3) kreativitas dan lingkungan belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin di SMK Negeri 2 Solok.Metode penelitian ini adalah korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk melihat ada tidaknya hubungan kreativitas siswa dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan di SMK Negeri 2 Solok. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 50 orang. Pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel kreativitas dan variabel lingkungan belajar serta untuk variabel hasil belajar menggunakan soal tes obyektif. Teknik analisis data yang digunakan korelasi product moment, regresi linier dan regresi ganda dengan bantuan program SPSS versi 24.0.Hasil penelitian adalah 1) Adanya hubungan kreativitas siswa dengan hasil belajar yang signifikan, 2) Adanya hubungan lingkungan belajar dengan hasil belajar yang signifikan, 3) Adanya hubungan kreativitas siswa dan lingkungan belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar yang signifikan. Ini berarti : 1) semakin tinggi kreativitas siswasemakin tinggi hasil belajar siswa mata pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin, 2) semakin kondusif lingkungan belajar semakin tinggi hasil belajar, 3) semakin tinggi kreativitas dan kondusifnya lingkungan belajar semakin tinggi hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putri, I. L. and Ambiyar, A. (2019) “KONTRIBUSI KREATIVITAS DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN PADA KELAS X TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 2 SOLOK”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(3), pp. 515 - 524. doi: 10.34004/rrj.v1i3.86.
Section
Education