PENERAPAN ASESMEN KINERJA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIFIAS DAN HASIL BELAJAR PENGELASAN SISWA KELAS X SMKN 1 SUMBAR

Main Article Content

Salamuddin Ahmad
Ambiyar Ambiyar
Arwizet K

Abstract

Berdasarkan survei peneliti, tampak bahwa dalam proses pembelajaran banyak siswa yang pasif, melamun, bermain hand phone, ribut, dan sibuk sendiri dengan kegiatannya. Dari total 28 siswa hanya 10 siswa yang tuntas hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning yang  diharapkan  dengan  meningkatnya  aktivitas  belajar  siswa  dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dimana peneliti bertindak sebagai guru yang melakukan tindakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September dan Oktober 2018. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk melihat perubahan aktivitas belajar siswa setiap siklusnya dan untuk pengukur data hasil belajar siswa digunakan lembaran tes. Berdasarkan hasil pengamatan, rata-rata aktivitas siklus I adalah 48,27% dan pada siklus II adalah 81.12% Selain aktivitas belajar siswa, hasil belajar juga mengalami peningkatan ketuntasan secara klasikal. Pada siklus I ketuntasan klasikal adalah 70.47% dengan 15 siswa tuntas dan pada siklus II adalah 86.16% dengan 28 siswa tuntas. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat Teknik Dasar Las di kelas X Tenik Pengelasan SMKN1 Sumbar. Berdasarkan survei peneliti, tampak bahwa dalam proses pembelajaran banyak siswa yang pasif, melamun, bermain hand phone, ribut, dan sibuk sendiri dengan kegiatannya. Dari total 28 siswa hanya 10 siswa yang tuntas hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning yang  diharapkan  dengan  meningkatnya  aktivitas  belajar  siswa  dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), dimana peneliti bertindak sebagai guru yang melakukan tindakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September dan Oktober 2018. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk melihat perubahan aktivitas belajar siswa setiap siklusnya dan untuk pengukur data hasil belajar siswa digunakan lembaran tes. Berdasarkan hasil pengamatan, rata-rata aktivitas siklus I adalah 48,27% dan pada siklus II adalah 81.12% Selain aktivitas belajar siswa, hasil belajar juga mengalami peningkatan ketuntasan secara klasikal. Pada siklus I ketuntasan klasikal adalah 70.47% dengan 15 siswa tuntas dan pada siklus II adalah 86.16% dengan 28 siswa tuntas. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat Teknik Dasar Las di kelas X Tenik Pengelasan SMKN1 Sumbar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ahmad, S., Ambiyar, A. and K, A. (2019) “PENERAPAN ASESMEN KINERJA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIFIAS DAN HASIL BELAJAR PENGELASAN SISWA KELAS X SMKN 1 SUMBAR”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(3), pp. 525 - 533. doi: 10.34004/rrj.v1i3.87.
Section
Education