Cara Indeks Jurnal di Portal Garuda

Loading...

Cara Indeks Jurnal di Portal Garuda-Portal Garuda (Garba Rujukan Digital) merupakan sebuah gerbang penelusuran, indeksasi, abstraksi, monitoring, dan untuk peningkatan standar kualitas publikasi ilmiah di Indonesia. Portal Garuda dirancang oleh The Indonesian Publication Index (IPI). Hadirnya Portal Garuda ditujukan untuk memberi kemudahan bagi para pengelola jurnal dan para pengguna referensi ilmiah untuk kepentingan akademis dan riset.

Portal Garuda digunakan oleh pengelola jurnal ilmiah nasional sebagai sarana untuk promosi dan memperluas cakupan penyebaran jurnal ke seluruh pelosok negeri maupun juga luar negeri. Dengan mengindekskan jurnal di Portal Garuda akan meningkatkan sitasi dimana hal ini menjadi salah satu tolak ukur dalam penilaian kualitas jurnal. Untuk pengunjung atau pengguna, hal ini akan sangat bermanfaat sebab membantu dalam hal kemudahan mengakses referensi melalui satu pintu/portal.

Sebuah jurnal agar dapat terindeks oleh Portal  Garuda memiliki beberapa syarat, diantaranya terbitan harus terdaftar di Indonesia yang ditunjukkan dengan nomor ISSN. Berikutnya jurnal yang akan diindeks sudah pernah terbit setidaknya satu kali noor issue dengan jumlah artikel sebanyak 5 buah.

Cara Indeks Jurnal di Portal Garuda

Adapun tahap-tahap yang harus dilalui dalam mengindekskan sebuah Jurnal di Portal Garuda adalah sebagai berikut.

1. Buka situs Portal Garuda di http://garuda.ristekbrin.go.id/, lalu pilih Suggest. Atau dapat pula angsung ke link berikut http://garuda.ristekbrin.go.id/suggest. Maka akan muncul tampilan seperti berikut:

Cara Indeks Jurnal di Portal Garuda

Selanjutnya isi formulir yang ada pada halaman Suggest dengan lengkap sesuai data jurnal yang akan diindeks di Portal Garuda. Jika sudah selesai klik Submit My Suggestion.

Loading...

Jika pengisian formulir diatas sukses maka portalgaruda.org akan mengirim email kepada anda yang berisi /pemberitahuan/konfirmasi bahwa permohonan indeksasi diterima.

Selanjutnya, pendaftar menunggu evaluasi dari tim pengelola Portal Garuda IPI untuk menyampaikan keputusannya. Pengelola IPI mempunyai wewenang penuh dalam memutuskan menerima atau menolak permohonan indeksisasi jurnal sesuai dengan standar dan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Keputusan terkait disetujui atau tidaknya jurnal kita akan diinformasikan melalui email dalam waktu 2-3 hari kerja.

Sebagai informasi, jurnal yang telah menggunakan sistem informasi manajemen jurnal secara daring (Online) khususnya yang sudah mendukung Open Archive Initiative (OAI), seperti OJS PKP (Open Journal System) akan menjadi salah satu prioritas.

Ketika permohonan indeksasi jurnal dinyatakan diterima, pihak pengelola IPI secepatnya akan menginputkan terbitan jurnal ke database IPI. Khusus untuk jurnal yang sudah menggunakan sistem OJS PKP, pihak IPI akan mengambil data terbitan secara semi otomatis, sedangkan bagi jurnal yang belum atau tidak mendukung OAI, pihak pengelola jurnal diharuskan mengirimkan secara manual metadata dari setiap terbitan kepada pihak pengelola IPI.

Sekian artikel mengenai cara indeks jurnal di Portal Garuda. Semoga bermanfaat!