Cara Instal Open Jurnal System (OJS) ojs 3 dan ojs 2

Artikel kali ini saya tujukan kepada admin IT/IT Support atau kamu yang ingin belajar bagaimana cara instal open jurnal system. sebelum itu lebih baik kamu memahami apa itu Open Jurnal System (OJS).

Open Jurnal System merupakan platform publishing jurnal yang dikembangkan oleh public Knowledge Project (PKP). Open Jurnal System atau lebih dikenal dengan singkatan OJS bisa digunakan sebagai program dalam memanajemen pengelolaan terbitan ilmiah secara berkala.

Open Jurnal System (OJS) merupakan platform free atau gratis, istilahnya itu open source. kamu bisa mendapatkannya secara resmi pada laman website PKP dan github dari PKP itu sendiri.

di Indonesia sendiri Open Jurnal System digunakan DIKTI sebagai platform utama untuk manajemen pengelolaan jurnal sebagaimana platfom ini menjadi acuan dalam akreditasi jurnal ilmiah arjuna kemenristek diktik.

OJS merupakan sebuah CMS (Content Management System) yang dikhususkan untuk mengelola penerbitan jurnal, didunia IT sendiri, banyak CMS yang digunakan untuk pengelolaan website seperti WordPress dan Joomla akan tetapi CMS seperti ini tidak dapat digunakan sebagai alat untuk publikasi jurnal ilmiah secara online.

kenapa tidak bisa? alasannya adalah karena OJS sudah dirancang guna mengurangi waktu dan energi dalam mengerjakan tugas-tugas administrasi dan manajerial dalam penyuntingan artikel ilmiah. penggunaan ojs ini juga dapat meningkatkan mutu ilmiah dan penerbitan jurnal kamu, tentunya dengan melakukan inovasi dan transparasi dalam kebijakan-kebijakan jurnal yang kamu kelola.

dengan menggunakan ojs, pengelolaan dan penerbitan akan sangat mudah dilakukan serta lebih teratur. peran-peran didalam ojs ini juga sangat beragam, terdapat jurnal manager, editor, reviewers, section editor, copy editor, layout editor, proofreaders, user dan admin utama. tugas dan fungsi dari peran ini bisa kamu baca pada managemen pengelolaan jurnal menggunakan open jurnal system.

kami sebagai media yang juga menerbitkan artikel ilmiah (jurnal) secara online juga menggunakan OJS (Open Jurnal System) yang telah dilakukan optimasi sedemikian rupa, kamu bisa melihatnya pada laman https://jurnal.ranahresearch.com.

Panduan Lengkap Cara Instal Open Jurnal System (OJS)

Open Jurnal System (OJS) sendiri sudah tersedia sampai versi 3, banyak perubahan perubahan dari ojs 2 ke ojs 3, mulai dari fitur sampai dengan User Interface. untuk langkah instalasinya sangat berbeda. Cara Instal OJS 2 berbeda prosesnya dengan Cara Instal OJS 3. tapi tenang dalam panduan ini akan saya bahas secara lengkap.

namun sebelum mulai melakukan instalasi, pastikan kamu sudah memenuhi syarat-syarat pendukung agar proses Instal OJS berjalan dengan lancar,

emang pendukung ojs itu apa saja?

Open Jurnal System (OJS) dibangun menggunakan bahasa pemograman PHP, jadi diperlukan sistem pendukung berupa: web server (Apache atau IIS) dan database server (Mysql atau postgress)

bahan-bahan yang harus kamu persiapkan :

  • Source Code Open Journal System (OJS), kamu bisa mendapatkan pada lamat resmi PKP, atau bisa melalui tautan berikut ini : download ojs 3 untuk versi ojs 3, download ojs 2 untuk versi ojs 2, untuk semua versi ojs terbaru silahkan menuju link ini download ojs 3 terbaru
  • aplikasi server lokal untuk komputer, disini saya merekomendasikan menggunakan aplikasi Xampp, xampp adalah software atau aplikasi yang berfungsi sebagai server lokal, aplikasi ini digunakan untuk menginstall ojs di localhost nantinya.
  • hosting (Shared Hosting / VPS)
  • domain (alamat url jurnal yang akan digunakan nantinya)

setelah semuanya dipersiapkan dan kamu sudah paham, mari kita praktekkan.

Cara Instal Open Jurnal System di Localhost

untuk panduan pertama, kita akan instal OJS pada server lokal menggunakan aplikasi xampp terlebih dahulu. pastikan versi php pada xampp memenuhi kriteria pada versi php ojs nya. untuk versi php pada ojs 3.2.1-1 terbaru adalah sebagai berikut:

System Requirements

To run the latest release of OJS 3.x, your web server will need:

If you do not understand these system requirements, consult your department’s technical administrator. If you are looking for OJS hosting support, PKP Publishing Services offers a full range of hosting and consultation services.

langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

Pertama pastikan xampp sudah terinstal pada pc/laptop/mac kamu, lalu jalankan xampp pada aplikasi xampp silahkan aktifkan mysql database dan apache web server

Kedua membuat folder instalasi ojs nya.

cari folder htdocs pada lokasi instalasi xampp, setelah itu buat folder dengan nama DEMOOJS. karna disini saya menggunakan sistem operasi MacOS mungkin ada sedikit perbedaan jika kamu menggunakan sistem operasi windows, tapi poin utamanya tetaplah sama. pada windows silahkan menuju C:\xampp\htdocs 

Ketiga cari file OJS yang telah kamu download, lalu ekstrak didalam folder DEMOOJS

perlu diperhatikan, ekstrak isi folder ojs nya, perhatikan gambar diatas.

Keempat mengakses localhost via browser.

silahkan buka browser favorit kamu lalu ketikkan url berikut, localhost/DEMOOJS, perlu diperhatikan jika terjadi eror berarti ada yang salah dalam langkah-langkahnya atau permissin pada foldernya. jadi pastikan kamu merubah permission pada folder DEMOOJS menjadi write and read

Kelima, membuat database Mysql.

pada browser kamu buat tab baru lalu silahkan ketikkan url : localhost/phpmyadmin. disini kita akan membuat database baru yang akan digunakan sebagai database OJS nya.

pada phpmyadmin, silahkan buat database baru pada panel sebelah kiri klik new, lalu masukkan nama databsenya DEMOOJS.

selanjutnya membuat akses kedatabase, dipanel sebalah kiri klik database yang baru dibuat DEMOOJS, lalu pada tab di bagian atas seperti gambar dibawah klik privilage. buat user baru dengan cara add user account pada tombol dibawah. isikan username dan pasword. pada pilihan global privilage silahkan cheklis pilihan chek All. scroll kebawah lalu klik tombol Go.

Keenam, Menginstal OJS.

pada form administration account silahkan isi sesuai keinginan kamu, ingat jangan sampai lupa username dan pasword, karena akun ini adalah akun utama ojs nya yang memiliki hak penuh.

pada Locale Setting silahkan checklist bahasa apa saja yang ingin di instal pada ojs nya.

pada file setting, silahkan diatur atau biarkan saja settingan defaultnya. nah folder ini adalah folder penyimpanan semua berkas berkas dalam ojs. semua dokumen, artikel yang telah terbit, artikel yang dikirim oleh author, serta artikel revisi dari reviewers, semuanya berada dalam folder ini. tak hanya itu gambar-gambar yang kita upload seperti logo dll nantinya akan berada dalam folder ini.

untuk Pengaturan database, silahkan isi sesuai dengan database yang dibuat pada proses sebelumnya, hilangkan cheklist pada create new database, karna database sebelumnya sudah kita buat. untuk jenis database silahkan plih MySQLi

selanjutnya silahkan klik Install Open Jurnal System, pada tombol paling bawah.

Ketujuh, Setting OJS

setelah proses instalasi selesai, silahkan login dengan memasukkan username dan pasword admin yang dibuat pada langkah sebelumnya. seanjutnya silahkan di setting semua hal yang di perlukan. panduan apa saja yang harus di isi dalam membuat jurnal baru dapat dilihat pada artikel cara setting ojs dari awal terlengkap

Cara instal Open Jurnal System di Hosting

setelah OJS berhasil di instal dan secara substansial sudah terpenuhi, saatnya untuk membuat website ojs kamu dapat di akses oleh orang lain, caranya bagaimana?

terdapat dua cara, yang pertama bisa dengan mengupload file ojs yang sudah di instal sebelumnya di lokal server. kedua menginstal ojs langsung pada live server atau hosting.

sebelum membahas cara instal ojs di hosting ada hal yang harus dipahami yaitu domain dan hosting. apa sih itu domain? hosting itu apa? fungsi kedua hal tersebut apa?

domain adalah nama website jurnal (OJS) kamu nantinya, sama seperti situs ini domain ranahresearch.com sedangkan untuk website jurnal kami menggunakan sub domain jurnal.ranahresearch.com

sedangkan untuk hosting adalah penyimpanan file file website yang nantinya dapat diakses melalui domain pada jaringan internet. jika di gambarkan sederhananya seperti ini,

domain adalah alamat rumah, sedangkan hosting adalah rumah itu sendiri. setiap orang pasti membutuhkan alamat rumah kamu untuk mengunjungi rumah kamu. dan hosting itu tempat kamu menyimpan barang-barang yang ada dirumah kamu

ini hanya perumpamaan jika tidak paham tidak apa
Hosting Unlimited Indonesia

untuk sebuah website jurnal (OJS) membutuhkan kapasitas hosting yang lumayan besar, dikarenakan akan banyak nantinya file file dokumen yang tersimpan dihosting tersebut. publisher jurnal yang ada di Indonesia kebanyakan berasal dari lembaga-lembaga pemerintah dan lembaga pendidikan seperti kampus, lembaga tersebut memiliki server tersendiri yang kapasitasnya sangat besar. tentunya lembaga ini memiliki pendanaan yang besar juga.

lalu bagaimana untuk publisher mandiri ? yang tidak mempunyai server sendiri dan harus mengeluarkan biaya sendiri. nah untuk publisher mandiri seperti kami ini, dapat menggunakan layanan hosting berbayar, saya disini merekomendasikan niagahoster. dengan harga yang lumayan murah fitur-fitur dan bantuan teknis yang disediakan sangat memuaskan.

selain itu produk niaga hoster ini unlimited, dengan membeli hosting kamu juga sudah bisa mendapatkan domain secara gratis. jadi cukup beli hosting unlimited saja.

jika kamu tertarik menggunakan layanan hosting unlimited dari niagahoster kamu bisa klik pada gambar dibawah ini, jangan lupa untuk memasukkan kode kupon RANAHRESEARCH untuk diskon 75%.

Hosting Unlimited Indonesia

setelah kamu memiliki domain dan hosting, selanjutnya saya akan jelaskan bagaimana cara menginstal OJS di hosting.

Cara instal Open Jurnal System ke Hosting (dengan cara transfer)

cara pertama bisa dengan memindahkan / transfer instalasi ojs yang sebelumnya di lokal server ke hosting, langkah-langhaknya sebagai berikut:

  • pertama silahkan upload semua file yang berada dalam folder instalasi ojs di lokal server kamu, sesuai studi kasus diatas upload semua file yang berada didalam folder DEMOOJS. jangan lupa di kompress dengan format Zip.
  • kedua buka browser lalu ketik localhost/phpmyadmin untuk akses database di lokal server, pilih database ojsnya dan export menjadi file sql.
  • ketiga, login kehosting melalui cpanel, tambahkan domain ke hosting, pilih folder domain dan upload file ojs lokal server kamu didalam folder tersebut.
  • keempat, upload database ke phpmyadmin hosting kamu. caranya pada cpanel cari backup, backup database lalu upload file database yang sudah di eksport sebelumnya.
  • kelima, buat hak akses untuk database. dengan cara kamu harus membuat user dari database tersebut.
  • keenam, buka folder ojs kamu tadi, silahkan cari file config.php.ini. pilih file tersebut dan edit. pada langkah ini kita akan menyesuaikan pengaturan pada config php ojsnya. cek kembali database pada config ini serta user database, direktori penyimpanan file ojsnya
// cari baris kode berikut untuk mengatur file setting (lokasi penyimpanan)
;;;;;;;;;;;;;;;;;
; File Settings ;
;;;;;;;;;;;;;;;;;

[files]

; Complete path to directory to store uploaded files
; (This directory should not be directly web-accessible)
; Windows users should use forward slashes
files_dir = /Applications/XAMPP/xamppfiles/files

; Path to the directory to store public uploaded files
; (This directory should be web-accessible and the specified path
; should be relative to the base OJS directory)
; Windows users should use forward slashes
public_files_dir = public

; The maximum allowed size in bytes of each user's public files
; directory. This is where user's can upload images through the
; tinymce editor to their bio. Editors can upload images for
; some of the settings.
; Set this to 0 to disallow such uploads.
public_user_dir_size = 5000

; Permissions mask for created files and directories
umask = 0022
// cari baris kode ini untuk mengatur database
;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;
; Database Settings ;
;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;

[database]

driver = mysqli
host = localhost
username = demoojs
password = demoojs2020
name = DEMOOJS
; Set the non-standard port and/or socket, if used
; port = 3306
; unix_socket = /var/run/mysqld/mysqld.sock

; Database collation
collation = utf8_general_ci

; Enable persistent connections
persistent = Off

; Enable database debug output (very verbose!)
debug = Off
  • ketujuh, silahkan coba akses domain website jurnal kamu, jika tidak ada kendala jurnal kami bisa di akses.

Cara Instal Open Jurnal System di Hosting secara manual

untuk langkah ini, caranya sama seperti menginstal ojs di lokalserver menggunakan aplikasi xampp seperti yang telah di jelaskan diatas, bedanya ini kamu menginstal di leive server, untuk langkah langkahnya sama saja dengan cara instal ojs di localhost.

Cara Instal OJS di Hosting dengan Cepat

bagiamana cara instal OJS di Hosting dengan cepat ?, yaitu menggunakan bantuan softaculous. apa itu softaculous ?

softaculous adalah aplikasi auto instaler yang ada pada hosting, aplikasi ini berfungsi untuk mempermudah kamu menginstal berbagai CMS yang bersifat open source.

Cara Instal Open Jurnal System di Hosting menggunakan softaculous sangat mudah silahkan ikuti panduan dibawah ini:

Pertama, Login ke Cpanel

silahkan login ke cpanel kamu, dengan memasukkan username dan pasword. selanjutnya pada kolom pencarian silahkan ketikkan sottaculous, lalu pilih softaculous App Installer

Kedua, Install Open Jurnal System

pada kolom pencarian softaculous, silahkan ketikkan open jurnal system.kololm pencarian terletak disebalah kiri seperti pada gambar dibawah. didalam softaculous terdapat banyak cms yang bersifat open source, kamu bisa menginstalnya, tapi tutorial ini kita fokus untuk menginstal Open Jurnal System.

Ketiga, Mengatur Instalasi

pada pengaturan instalasinya, silahkan kamu pilih OJS ini mau di Instal pada domain mana, lokasi file, username dan pasword admin. setelah semua di isi silahkan klik install.

tunggu prosesnya, setelah itu OJS sudah terinstal, kamu hanya perlu mengatur ojsnya secara subtansial.

dalam melakukan instalasi dan pengelolaan open jurnal system (OJS) membutuhkan pengetahuan akan bahasa pemograman minimal. karna nantinya akan ditemukan beberapa problem problem didalam ojs tersebut,

untuk kedepannya saya akan berusaha menulis beberapa hal terkait ojs. dan akan lebih fokus kepada hal-hal teknis, memang sedikit ribet dan ruwet dalam pengelolaan publikasi ilmiah menggunakan ojs ini, kita harus disibukkan dengan server maintenence, update ojs, belum lagi disibukkan dengan artikel-artikel yang masuk.

jika tidak mau repot untuk mengurusi ojs dari sisi IT, kamu bisa menggunakan layanan dari ranah research, yaitu Optimasi website OJS. kami akan membantu menginstalkan, maintenance sesuai dengan permintaan. jika tertarik silahkan hubungi kami melalu kontak dibawah.

sekian panduan cara instal open jurnal system dari saya semoga membantu.