Ranah Research : Journal of multidicsiplinary research and development

Terbitkan hasil penelitian kamu bersama kami, jurnal ranah research sudah terindeks dan konsisten dalam mempublikasikan hasil penelitian mahasiswa, guru, serta dosen-dosen se Indonesia. Dengan sistem Fast Review, artikel yang kamu kirimkan akan segera diterbitkan. Tunggu apalagi Submit Sekarang !!!

Submit Sekarang

Cara memasang Google Analytics di OJS 3 (Panduan Lengkap)

0

Pada Tutorial kali ini akan dijelaskan secara lengkap step by step bagaimana cara memasang google analytics di OJS 3, Google analytics adalah tools yang disediakan oleh google untuk melakukan traking pada sebuah website atau aplikasi mobile. pada sebuah website jurnal sangat penting adanya traking yang berfungsi melihat berapa visitor yang mengunjungi website jurnal kita.

Fitur-fitur yang ada pada Google Analytics :

Sebelum memulai memasang google analytics pada ojs 3, ada baiknya kita memahami fitur-fitur yang disediakan oleh google analytics itu sendiri, Pada dasarnya ada banyak fitur yang terdapat pada google analytics, akan tetapi disini akan dibawas 6 fitur yang berkaitan dengan ojs 3.

1. Realtime Pengunjung

pada realtime pengunjung anda akan melihat pengunjung yang saat itu mengunjungi jurnal kita, selain jumlah pengunjung real kita juga dapat melihat negara yang mengunjungi, halaman yang dikunjungi dan sumber kunjungan pada jurnal kita.

2. Audience

pada bagian audien akan memberikan insight yang paling lengkap, kita dapat melihat artikel mana yang paling diminati oleh pengunjung, pada bagian audience kamu akan melihat :

  • jumlah pengguna
  • jumlah tayangan halaman
  • jumlah halaman yang dibuka dalam sesi yang sama
  • jumlah uniq visitor (Pengguna Baru)
  • Bounce Rate
  • Demografi

3. Jumlah Trafik

Jumlah trafik berbeda dengan realtime visitor dan uniq visitor, jumlah trafik adalah jumlah pengunjung pada jurnal kita secara keseluruhan. dengan begini kita bisa mengetahui seberapa populer jurnal yang kita kelola.

untuk melihat semua trafik kamu bisa klik bagian menu Akuisisi > Ringkasan

Cara Memasang Google Analytics di OJS 3

Sebelum Memasang Analytics pada OJS 3, siapkan akun google (gmail) dan pastikan plugin google analytics pada OJS 3 sudah di aktifkan

Waktu yang dibutuhkan : 3 menit

  1. Membuat Akun Google Analytics

    Memasang google analytics pada ojs 3

    setelah email disiapkan langsung saja buat akun google analytics

  2. Pembuatan Akun

    pada kolom nama akun, silahkan isikan nama akun yang di inginkan, lalu klik tombol berikutnya. Pada kolom Apa yang mau anda ukur pilih dan centang bagian website. pada kolom persiapan properti isikan data sesuai dengan nama jurnal dan alamat url jurnal.

  3. Menyiapkan ID pelacakan Google Analytics

    memasang analytics google ke ojs 3

    Setelah akun google anaytics dibuat, pada setelan properti pilih menu pelacakan > kode pelacakan > copy ID pelacakan. ID Pelacakan berupa UA-173920765-1 (*ID ini hanya contoh)

  4. Memasang Google Analytics kedalam OJS 3

    Silahkan Login ke admin OJS, Pilih menu Setting > Website > Plugin > cari plugin Google Analytics > Setting > Masukan ID Pelacakan google analytics anda.

Kesimpulan :

Cara Memasang google analytics pada OJS 3 sangat mudah dilakukan. Setiap Jurnal Wajib memiliki tools untuk mencatat trafik pengunjung jurnal tersebut, selain google analytics tools yang dapat dipakai adalah statecounter, matomo, hi stat dan flagcounter.

untuk mengetahui cara memasang tool mencatat trafik jurnal selain google analytics, silahkan baca artikel berikut ini :

cara memasang state counter pada OJS 3

cara memasang hi stat pada OJS 3

Cara memasang Flag Counter oada OJS 3

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.