Cara Membuat Daftar Pustaka Otomatis Menggunakan Mendeley

Sebuah karya tulis ilmiah yang baik diisyaratkan untuk mencantumkan sumber rujukan dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan penulisan karya tulis ilmiah yang baku. ­­Semua sumber rujukan biasanya ditulis di bagian daftar pustaka. Penyusunan daftar pustaka secara manual seringkali merepotkan dan sering dijumpai kesalahan mulai dari tidak runut secara susunan dan kesalahan format penulisan.

Untuk membuat daftar pustaka secara otomatis seorang akademisi baik dosen maupun mahasiswa seringkali menggunakan bantuan aplikasi yaitu, Mendeley. Aplikasi Mendeley mempunyai beberapa kelebihan salah satunya cara penggunaannya yang terbilang mudah dan yang paling penting dapat digunakan secara gratis.

Bagi kamu yang belum pernah menggunakan aplikasi Mendeley, pada artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara menggunakan aplikasi Mendeley mulai dari proses pengistalan hingga penggunaannya.

Sebelum memulai cara membuat daftar pustaka otomatis menggunakan mendeley, pastikan kamu sudah mempunyai aplikasi Mendeley. Jika belum ikuti langkah berikut:

  • Silahkan instal aplikasi seperti biasa.
  • Buka aplikasi Mendeley,
membuat daftar pustaka otomatis

Di sini kamu harus membuat akun terlebih dahulu dengan mendaftarkan e-mail, proses pendaftaran ini memerlukan jaringan internet ya. Klik register untuk mendaftar, kamu akan masuk situs resmi pengelola aplikasi: id.elsevier.com. Isi data yang diminta.

  • Jika sudah selesai register, buka kembali aplikasi Mendeley, log in menggunakan akun yang telah didaftarkan.
  • Agar aplikasi Mendeley bisa terhubung ke Ms.Word klik menu Tools di aplikasi Mendeley, lalu pilih Install Ms Word Plugin. Sebelum melakukan langkah ini, tutup dulu semua file Ms Wrod yang sedang sedang terbuka agar proses instalasi plugin berjalan lancar.
  • Jika proses instalasi berhasil maka tampilan Ms Word, pada menubar Reference akan ada logo Mendeley.

Menambahkan File Sumber Referensi ke Dalam Mendeley

Setelah selesai dengan proses penginstallan, selanjutnya kita akan belajar menggunakan Mendeley. Sebelum membuat daftar pustaka otomatis menggunakan mendeley, pastikan kamu sudah memiliki file pdf yang akan dijadikan referensi. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Untuk memasukkan pdf sumber referensi ke Mendeley, pilih Add di dalam Mendeley, kamu bisa menambahkan per file ataupun secara grup. Pilih file atau grup file yang kamu jadikan referensi.
  • Jika sudah selesai menambahkan, pastikan informasi isi artikel berupa tipe referensi, nama penulis, judul buku/artikel, tahun terbitan dan semacamnya sesuai antara yang ada di dalam isi artikel dengan yang terbaca di Mendeley (sebelah kanan yang ditandai). Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kesalahan dalam penulisan kutipan.
  • Selanjutnya, pilih gaya penulisan daftar pustaka yang kamu perlukan dengan memilih View > Citation Style > pilih gaya penulisan, sebagai contoh di sini menggunakan gaya penulisan Harvard References Format.

Membuat Daftar Pustaka Di Dokumen Word

Setelah melakukan langkah-langkah sebelumnya, sekarang waktunya membuat kutipan dan daftar pustaka sesuai dengan referensi yang sudah di unggah ke dalam Mendeley.

  • Buka file Word yang akan dibuat sitasinya. Klik menu References lalu pilih Style, sesuaikan dengan style yang telah diatur di Mendeley.
  • Letakkan kursor ke bagian kalimat yang akan beri kutipan/sitasi. Klik References pada menubar, lalu klik Insert Citation. Akan muncul sebuah jendela, ketik pada kolom pencarian sumber yang akan kamu kutip. Jika kesulitan kamu bisa juga menggunakan cara lain dengan mengklik tombol Go To Mendeley, lalu kamu akan diarahkan ke aplikasi mendeley, klik file sumber kutipan kemudian klik Cite pada toolbar.
  • Secara otomatis, referensi akan muncul sesuai gaya penulisan yang telah dipilih.

Ulangi langkah 1 sampai 3 untuk membuat kutipan baru.

  • Langkah terkahir adalah mencantumkan sumber rujukan di bagian Daftar Pustaka. Letakkan kursor di bagian Daftar Pustaka, selanjutnya klik References pada menubar lalu kik Insert Bibliography. Secara otomatis sumber rujukan akan tertulis di bagian daftar pustaka sesuai gaya penulisan yang sudah dipilih.

Selamat kamu sudah bisa membuat daftar pustaka otomatis menggunakan Mendeley. Mudah bukan?

Sekian artikel cara membuat daftar pustaka otomatis menggunakan Mendeley. Semoga bermanfaat! Jangan lupa like, comment, dan subscribe! silahkan share artikel ini jika dirasa bermanfaat. Jangan lupa untuk membaca artikel lain dari ranahresearch.com, salam!