Ranah Research : Journal of multidicsiplinary research and development

Terbitkan hasil penelitian kamu bersama kami, jurnal ranah research sudah terindeks dan konsisten dalam mempublikasikan hasil penelitian mahasiswa, guru, serta dosen-dosen se Indonesia. Dengan sistem Fast Review, artikel yang kamu kirimkan akan segera diterbitkan. Tunggu apalagi Submit Sekarang !!!

Submit Sekarang

5 contoh judul skripsi sosial beserta abstrak !

0

Referensi Ranah Research | Dikutip dari wikipedia, Penelitian sosial adalah istilah dalam keilmiahan yang digunakan pada penelitian/penyelidikan dan dirancang untuk menambah ilmu pengetahuan sosial, gejala sosial atau praktek-praktek sosial. dalam penelitian sosial biasanya merujuk pada istilah hubungan-hubungan, antara dan di antara, kelompok-kelompok seperti komunitas organisasi, institusi, keluarga dan lingkup lingkungan yang lebih besar.

Pada postingan referensi ini, kami akan memberikan 5 contoh judul skripsi berupa artikel penelitian sosial yang bisa kamu gunakan sebagai referensi judul skripsi, judul artikel ini di ambil dari artikel yang sudah di publikasikan pada Jurnal Ranah Research. silahkan digunakan sebagai referensi kamu untuk mengajukan judul skripsi mu.

5 contoh judul skripsi sosial / Penelitian sosial

1. EFEKTIVITAS PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE RAWAT JALAN DI RSUP M DJAMIL KOTA PADANG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan, Kendala, dan Upaya mengenai Pendaftaran Online Rawat Jalan Di RSUP M Djamil  Kota Padang. Latar belakang penelitan ini adalah ditemukanya permasalahan-permasalahan dalam pendaftaran online rawat jalan di RSUP M Djamil Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik penentuan   informan   menggunakan  purposive  sampling.   Informan dalam penelitian ini Bagian Sistem Informasi RSUP M Djamil Kota Padang, Bagian Humas RSUP M Djamil Kota Padang dan pasien RSUP M Djamil Kota Padang.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Dalam hal Efektivitas Pelayanan dapat dilihat dari Pencapaian Tujuan, Integrasi, dan Adaptasi. Dimana dalam pencapaian tujuan  sistem pendaftaran online rawat jalan di RSUP M Djamil Kota Padang  sudah dikatakan berhasil karena memudahkan masyarakat dalam melakukan pendaftaran rawat jalan.

2. FAKTOR PENGHAMBAT DALAM PEMBERDAYAAN KELOMPOK BUDIDAYA IKAN DI KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan faktor penghambat dalam pemberdayaan kelompok budidaya ikan di Kecamatan Koto Tangah Kota padang oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini didapatkan dari wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik triangulasi metode dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ditemukan bahwa faktor penghambat dalam pemberdayaan kelompok budidaya ikan di Kecamatan Koto Tangah Kota padang oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang adalah kenaikan harga pakan yang membuat pendapatan pembudidaya ikan berkurang, kurangnya biaya atau modal yang membuat pembudidaya ikan terkendala melakukan usaha budidaya ikan  dan pemasaran yang membuat pendapatan pembudidaya ikan tidak meningkat.

3. HUBUNGAN ANTARA FASILITAS YANG TERSEDIA DENGAN MINAT MASYARAKAT DALAM MEMANFAATKAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT PKBM ANARVANI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat masyarakat dalam memanfaatkan Taman Bacaan Masyarakat di PKBM Anarvani Parkit X Kota Padang, hal ini diduga ada hubungannya dengan kurang lengkapnya fasilitas yang tersedia di Taman Bacaan Masyarakat PKBM Anarvani Parkit X Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan: (1) fasilitas yang tersedia di Taman Bacaan Masyarakat PKBM Anarvani Parkit X Kota Padang, (2) minat masyarakat dalam memanfaatkan Taman Bacaan Masyarakat di PKBM Anarvani Parkit X Kota Padang, dan (3) hubungan antara fasilitas yang tersedia dengan minat masyarakat dalam memanfaatkan Taman Bacaan Masyarakat di PKBM Anarvani Parkit X Kota Padang. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan populasi seluruh masyarakat yang terdaftar pada TBM, masyarakat yang pernah mengunjungi TBM minimal dua kali dalam tahun 2018 berjumlah 24 orang, seluruh populasi dijadikan sampel yang disebut dengan responden. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner.Teknik analisis data dengan menggunakan perhitungan persentase dan Rank Order Corelation. Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) fasilitas yang tersedia di Taman Bacaan Masyarakat PKBM Anarvani Parkit X Kota Padang berada pada kategori kurang lengkap, (2) minat masyarakat dalam memanfaatkan Taman Bacaan Masyarakat di PKBM Anarvani Parkit X Kota Padang berada pada kategori rendah, (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara fasilitas yang tersedia dengan minat masyarakat dalam memanfatkan Taman Bacaan Masyarakat di PKBM Anarvani Parkit X Kota Padang. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan agar pengelola Taman Bacaan Masyarakat di PKBM Anarvani lebih meningkatkan dan melengkapi fasilitas-fasilitas pada Taman Bacaan Masyarakat

4. IMPLEMENTASI PROGRAM PADANG PARIAMAN SEHAT (PPS) DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengimplementasian dan dampak dari program Padang Pariaman Sehat (PPS) di Kabupaten Padang Pariaman khususnya di Kecamatan Batanag Anai. Adapun program ini dibuat karena untuk memberikan kepastian jaminan kesehatan kepada masyarakat,selain itu juga memberikan perlindungan kesehatan kepada masyarakat dalam pelayaan kesehatan tanpa deskriminasi dan menyunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan untuk mendapatakan pelayanan yang maksimal.Maka dengan program ini tenaga kesehatan langsung mengunjungi rumah masyarakat untuk pemeriksaan kesehatan. Penelitian ini menggunakan meode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif.Dalam penelitian ini pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahann yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik analisis data yaitu dengan pengumpulan data,reduksi data, penyajian data dan pengagasan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa masih dalam implentasi program Padang Pariaman Sehat ini belum terlaksana secara optimal karena dilihat dari komunikasi yang dilakukan oleh pelaksanan program, sumber daya peralatannya yang kurang memadai dan juga karakteristik yang dimiliki tenaga kesehatan dalam menjalankan program Padang Pariaman Sehat.

5. EFEKTIVITAS KINERJA PUSAT PEMULIHAN GIZI CAHAYA HUSADA DI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI PROVINSI RIAU

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan gizi buruk yang tidak kunjung selesai dan menjadi masalah serius yang harus ditanggulangi. Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Dinas Kesehatan berupaya menanggulangi masalah gizi buruk dengan mendirikan Therapeutic Feeding Center atau Pusat Pemulihan Gizi Cahaya Husada. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan mendeskripsikan (1)Pelaksanaan program yang dilakukan Pusat Pemulihan Gizi dalam menanggulangi kasus gizi buruk;(2)efektivitas kinerja Pusat Pemulihan Gizi Cahaya Husada dalam penanggulangan gizi buruk; (3)faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan program pusat pemulihan gizi. Penelitian adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ditentukan dengan teknik Purposive Sampling. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi dengan menggunakan pedoman wawancara dan catatan lapangan. Teknik menguji keabsahan data dengan triangulasi sumber. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi kesimpulan. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kejelasan tujuan yang akan dicapai, Penyusunan program yang tepat, kejelasan strategi, tersedianya sarana dan prasarana serta proses analisis dan perumusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja dari Pusat pemulihan gizi yang masih kurang efektif disebabkan berbagai kendala dalam pelaksanaan program yang dimiliki sebagai upaya penanggulangan gizi buruk.

Itulah artikel mengenai 5 contoh judul skripsi. Semoga dapat memberi kamu inspirasi untuk menemukan judul penelitian untuk skripsimu yang tepat. silahkan baca artikel lainnya untuk melihat rekomendasi contoh judul skripsi lainnya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.