KORELASI PERSEPSI SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR DI SMK N 2 SOLOK

Main Article Content

Sutra Erpadeli
Donny Fernandes

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Korelasi Persepsi Siswa Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKR di SMK N 2 Solok. untuk mendiskripsikan korelasi persepsi siswa terhadap proses pembelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan pada kompetensi dasar (KD) 3.3 Menerapkan cara perawatan sistem pendinginan siswa kelas XI TKR di SMK N 2 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat korelatif, populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR di SMK N 2 Solok Tahun Pelajaran 2018/2019, yang berjumlah 76 orang. Instrumen penelitian ini adalah angket penelitan. Butir angket berjumlah 30 butir yang telah di uji validitas dan realibilitasnya, untuk menguji hipotesis hubungan antara persepsi siswa dan hasil belajar menggunakan analisis korelasi pearson product moment, rhitung = 0,562 >  r tabel = 0,388. Dengan demikian dapat disimpulkan ada korelasi antara persepsi siswa pada mata pelajaran pemeliharaan mesin kendaraan ringan dengan hasil belajar siswa kelas XI TKR di SMK N 2 Solok.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Erpadeli, S. and Fernandes, D. (2019) “KORELASI PERSEPSI SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR DI SMK N 2 SOLOK”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), pp. 750-757. doi: 10.34004/rrj.v1i4.124.
Section
Education