PENGARUH GERAK MAKAN DAN KECEPATAN PUTARAN SPINDLE TERHADAP TINGKAT KEKASARAN PERMUKAAN ALUMINIUM PADA PROSES PEMBUBUTAN MENGGUNAKAN MESIN BUBUT KONVENSIONAL

Main Article Content

Dimas Abimayu
Hendri Nurdin

Abstract

Didalam dunia industri permesinan khususnya pada mesin bubut yang menghasilkan produk berbentuk silindris. Seperti piston yang biasanya terbuat dari aluminium yang telah di campur dengan unsur lain yang dikenal dengan aluminium alloy, yang pada proses finisingnya menggunakan mesin bubut. Tingkat kekasaran permukaan pada pembubutan piston  yang baik membuat fungsi dari komponen menjadi lebih maksimal. Tingkat kekasaran permukaan dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti mesin yang digunakan, kecakapan operator, parameter pemotongan  yang digunakan dan lainya. Dalam penelitian ini mengkaji seberapa besar pengaruh dari variasi gerak makan (f) dan putaran spindle (n) pada proses pembubutan terhadap tingkat kekasaran permukaan aluminium dengan menggunakan mesin bubut emco maximat v13. Ditetapkan  variasi gerak makan 0,07mm/r, 0,14mm/r, 0,28mm/r dan variasi putaran spindle 740 rpm, 900rpm, 1230 rpm. Pengukuran kekasaran permukaan menggunakan alat surface roughness tester. Dari hasil penelitian menunjukan variasi gerak makan 0,007mm/r dan kecepatan putaran 740rpm mendapatkan tingkat kekasaran paling kecil dengan nilai Ra 1,40µm, semakin kecil kecepatan putaran spindle dan gerak makan maka semakin kecil pula kekasaran permukaan yang dihasilkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Abimayu, D. and Nurdin, H. (2019) “PENGARUH GERAK MAKAN DAN KECEPATAN PUTARAN SPINDLE TERHADAP TINGKAT KEKASARAN PERMUKAAN ALUMINIUM PADA PROSES PEMBUBUTAN MENGGUNAKAN MESIN BUBUT KONVENSIONAL”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), pp. 783-790. doi: 10.34004/rrj.v1i4.129.
Section
Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM)