HUBUNGAN MINAT DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK PERMESINAN PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 1 PADANG

Main Article Content

Niki Prasetio L
Refdinal Refdinal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana hubungan minat belajar siswa dengan hasil belajar terhadap mata diklat menggambar teknik kelas X di SMK Negeri 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Permesinan di SMK Negeri 1 Padang yaitu 64 orang siswa. Dalam penelitian ini telah diperoleh gambaran tentang minat siswa terhadap hasil belajar  pada siswa kelas X Jurusan Teknik Permesinan SMK Negeri 1 Padang. Dalam penelitian ini diperoleh nilai korelasi antara minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas X Jurusan Teknik Permesinan SMK Negeri 1 Padang dengan koefisien korelasi sebesar 0,942. koefisien determinasinya sumbangan sebesar 87%. Hal ini berarti minat belajar kontribusi sebesar 87,% terhadap hasil belajar mata diklat Gambar Teknik  setelah melakukan uji korelasi signifikansi pada taraf 5%. Besarnya hubungan ini diuji dengan keberartian hubungan dengan menggunakan uji t. Hasil pengujian t diperoleh thitung (12,047) > ttabel (2.009).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
L, N. P. and Refdinal, R. (2019) “HUBUNGAN MINAT DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK PERMESINAN PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK DI SMK NEGERI 1 PADANG”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), pp. 805-811. doi: 10.34004/rrj.v1i4.132.
Section
Education