PERAN PEMUDA SEBAGAI AGENT OF CHANGE DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA USAHA PARIWISATA KULINER DI KAMPUNG NELAYAN AMPANG PULAI KABUPATEN PESISIR SELATAN

Main Article Content

Agung Adi Saputra
Ismaniar Js

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena Peningkatan jumlah  wisatawan dan bertambahnya jumlah home industry di kampung nelayan ampang pulai kabupaten pesisir selatan. Hal ini di duga karena adanya peran  pemuda sebagai agent of change dalam pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan menggambarkan peran pemuda sebagai agent of change dalam memperdayakan masyarakat melalui usaha pariwisata kuliner dilihat dari aspek fasilitator dan edukator, serta terciptanya masyarakat yang berdaya di kampung nelayan ampang pulai kabupaten pesisir selatan.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat penggiat usaha pariwisata kuliner yang berjumlah 51 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan simple rendom sampling. Sampel di ambil sebanyak 75% dari populasi jadi berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan alat pengumpulan data daftar pernyataan. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Pemuda Sebagai Agent Of Change Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada Usaha Pariwisata Kuliner Di Kampung Nelayan Ampang Pulai Kabupaten  Pesisir Selatan dalam aspek peran fasilitator baik, dan aspek peran edukator juga baik. Hal ini dibuktikan dengan sebagian besar masyarakat penggiat usaha pariwisata kuliner memberikan pernyataan selalu. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan agar pemuda dapat mempertahankan serta meningkatkan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui usaha pariwisata kuliner, sehingga berdampak positif khususnya pada pemberdayaan masyarakat serta masyarakat dapat meningkatkan kualitas hidupnya melalui usaha pariwisata kuliner.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Saputra, A. A. and Js, I. (2019) “PERAN PEMUDA SEBAGAI AGENT OF CHANGE DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA USAHA PARIWISATA KULINER DI KAMPUNG NELAYAN AMPANG PULAI KABUPATEN PESISIR SELATAN”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), pp. 835-842. doi: 10.34004/rrj.v1i4.137.
Section
Tourism Development