PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKN DI SMK N 10 PADANG

Main Article Content

Hangga M. Nur
Ambiyar Ambiyar

Abstract

Penelitian penerapan model pembeljaran kooperatif tipe jigsaw ini dilakukan karna hasil observasi peneliti, banyak siswa yang tidak mengikuti proses pembelajaran dengan baik seperti tidur dalam kelas, membicarakan hal lain diluar materi pembelajaran dan kurangnya komunikasi dua arah antara guru dangan siswa maupun antara siswa dengan siswa. Berdasarkan wawancara dengan guru mata pelajaran dan siswa, ditemukan beberapa faktor penyebab salah satu penyebab yang paling berpengaruh adalah model pembelajaran yang digunakan pada proses belajar mengajar masih menggunakan model pembelajaran konfensional dimana  siswa dominan mendengarkan ceramah guru saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkaan kemampuan kerja sama dan hasil belajar siswa XI TKN di SMK N 10 Padang. Metode pada penelitian ini menggunakan metode PTK atau Penelitian Tindakan Kelas, dalam pengumpulan data untuk melihat perubahan kemampuan kerjasama siswa digunakan lembar observasi sedangkan soal tes digunakan untuk melihat perubahan hasil belajar siswa. Pada siklus I rata-rata kemampuan kerjasama siswa dari pengamatan observer adalah 70,33% dan hasil belajar dari tes didapatkan rata-rata ketuntasan kelas adalah 68%. Pada siklus II rata-rata kemampuan kerjasama siswa adalah 80,5%  dan hasil belajar siswa 84%, karna kemampuan kerjasama dan hasil belajar siswa telah meningkat dan mencapai indikator keberhasilan, penelitian dapat dihentikan pada siklus II ini. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan kerjasama dan hasil belajar pada mata pelajaran ilmu bahan kelas XI TKN di SMK N 10 Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nur, H. and Ambiyar, A. (2019) “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKN DI SMK N 10 PADANG”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), pp. 843-849. doi: 10.34004/rrj.v1i4.138.
Section
Education