EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA KIMIA PADA MATERI KOLOID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 SUMATERA BARAT

Main Article Content

Ananda Rahmadani
Iswendi Iswendi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tersedianya permainan ular tangga kimia pada materi koloid yang belum diuji efektivitasnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat efektivitas penggunaan  permainan ular tangga kimia pada materi koloid terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Sumatera Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Sumatera Barat. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian ini adalah tes hasil belajar dengan memberikan pretest dan posttest berupa tes objektif dengan 5 pilihan jawaban sebanyak 25 butir soal yang diambil dari 40 soal yang telah diujicobakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain dan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih baik terjadi di kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol masing-masing sebesar 83,65 dan 74,47. Hal ini juga dibuktikan dengan rata-rata uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,757 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,618 dengan kategori sedang, serta didukung oleh uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t, yaitu thitung (4,3027) > ttabel (1,668) pada tarafnyata α= 0,05 dengan dk=66 dan peluang t0.95. Hal ini menandakan hipotesis diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahmadani, A. and Iswendi, I. (2019) “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA KIMIA PADA MATERI KOLOID TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 SUMATERA BARAT”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), pp. 897-905. doi: 10.34004/rrj.v1i4.145.
Section
Education