PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TP SMK NEGERI 1 SUNGAI LIMAU

Main Article Content

Meri Yolanda
Refdinal Refdinal

Abstract

Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media powerpoint pada mata pelajaran Gambar Teknik Mesin di SMK Negeri 1 Sungai Limau mempunyai pengaruh yang signifikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Microsoft powerpoint terhadap hasil belajar Gambar Teknik Mesin siswa kelas x TP di SMK Negeri 1 Sungai Limau. Metode penelitian ini adalah kauntitatif korealsional. Populasi dalam penelitian ini adalah  siswa kelas X TP SMK Negeri 1 Sungai Limau sebanyak 30 orang. Jenis data yang digunakan ada dua yaitu angket dan nilai Ujian Akhir Semester II diperoleh dari guru mata pelajaran Gambar Teknik. Analisis angket diperoleh dari Validitas dan Reabilitas instrument dilakukan dengan berkonsultasi bersama guru mata pelajaran. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaaran berbasis Microsoft powerpoint pada mata pelajaran Gambar Teknik Mesin di   SMK   Negeri   1  Sungai Limau dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yolanda, M. and Refdinal, R. (2019) “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TP SMK NEGERI 1 SUNGAI LIMAU”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), pp. 936-942. doi: 10.34004/rrj.v1i4.152.
Section
Education