EFEKTIVITAS MODUL SISTEM KOLOID BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 12 PADANG

Main Article Content

Abel Maaruf Rosyadi
Fauzana Gazali

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas modul sistem koloid berorientasi Chemo-entrepreneurship terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain dan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t). Objek penelitian adalah hasil belajar siswa pada materi koloid. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) berupa 20 pertanyaan objektif sesuai dengan tujuan pembelajaran. Perbedaan rata-rata antara nilai pretest dan posttest kelas eksperimen (57,5) dan kelas kontrol (49,38). Analisis data menunjukkan bahwa subjek terdistribusi normal dan homogen sehingga dapat dilakukan uji-t, diperoleh nilai sig(2-tailed) 0,001<0,05 yang membuktikan bahwa hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol secara signifikan mempunyai perbedaan. Ini juga didukung oleh nilai eksperimen n-gain kelas 0,75 dalam kategori tinggi. Berdasarkan analisis data menunjukkan modul sistem koloid berorientasi chemo-entrepreneurship terbukti efektif terhadap hasil belajar dengan kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rosyadi, A. M. and Gazali, F. (2019) “EFEKTIVITAS MODUL SISTEM KOLOID BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 12 PADANG”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), pp. 975-981. doi: 10.34004/rrj.v1i4.159.
Section
Education