MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL RAMBU-RAMBU LALU LINTAS MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III DI SLBN 1 KUBUNG

Main Article Content

Afrita Lora
Yarmis Hasan

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan tentang anak Tunagrahita ringan di SLBN 1 Kubung, yang mengalami kesulitan dalam mengenal rambu-rambu lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah  penggunaan metode role playing efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal rambu-rambu lalu lintas. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (classrom action research) yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian pada siklus I kemampuan anak dalam mengenal rambu lalu lintas didapatkan hasil pertemuan pertama FD (46%), pertemuan kedua (50%), pertemuan ketiga (54%) dan pertemuan keempat (58%). Sedangkan AF pada pertemuan pertama (38%), pertemuan kedua (42%), pertemuan ketiga (46%) dan pertemuan keempat (50%). Siklus II kemampuan anak dalam mengenal rambu-rambu lalu lintas didapatkan hasil pertemuan pertama FD (62%), pertemuan kedua (77%), pertemuan ketiga (85%) dan pertemuan keempat (96%). Sedangkan Af pada pertemuan pertama (54%), pertemuan kedua (62%, pertemuan ketiga (73%) dan pertemuan keempat (85%). Dari hasil yang diperoleh diatas dapat diketahui bahwa nilai anak mengalami peningkatan, hal ini dapat di lihat dari kemampuan anak dalam mengenal rambu-rambu lalu lintas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lora, A. and Hasan, Y. (2019) “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL RAMBU-RAMBU LALU LINTAS MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III DI SLBN 1 KUBUNG”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), pp. 998-1004. doi: 10.34004/rrj.v1i4.162.
Section
Education