UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF THINK PAIR SHARE PADA MATA DIKLAT DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN (DPTM) KELAS X JURUSAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 1 PARIAMAN

Main Article Content

Irfan Amir
Arwizet K

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang diperlukan setiap manusia agar dapat mengembangkan kemampuan, bakat dan potensi yang dimiliki didalam dirinya. Rendahnya hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh model pembelajaran yang diterapkan. Salah satunya pada mata diklat DPTM di SMK Negeri 1 Pariaman. Tujuan penelitian yang dilakukan adalah Untuk peningkatan hasil belajar pada mata diklat Dasar Perancangan Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin di SMKN 1 Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dalam bentuk penelitian tindakan kelas (classroom action research). Hasil penelitain ini didapatkan  peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar antara siklus I, siklus II dan  siklus III. Pada siklus I aktivitas belajar mencapai 64,27%, pada siklus II aktivitas belajar mencapai 72,06% dan pada siklus III aktivitas belajar mencapai 86,57%. Sementara pada hasil belajar siswa yang telah dilakukan Pada siklus I memiliki ketuntasan klasikal mencapai 48,14%, pada siklus II ketuntasan klasikal mencapai 70,37% dan pada siklus III ketuntasan klasikal mencapai 85,19%. Sementara nilai rata-rata siswa pada siklus I mencapai 66,18, pada siklus II meningkat menjadi 74,72 dan pada siklus III meningkat menjadi 82,78.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Amir, I. and K, A. (2019) “UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF THINK PAIR SHARE PADA MATA DIKLAT DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN (DPTM) KELAS X JURUSAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 1 PARIAMAN”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), pp. 1021-1028. doi: 10.34004/rrj.v1i4.165.
Section
Education

Most read articles by the same author(s)