MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGANYAM KETUPAT BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN MELALUI METODE LATIHAN KELAS VI SDLB N 1 SUNGAI AUR

Main Article Content

Bida Yusni
Ardisal Ardisal

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di kelas VI di SDLBN 1 Sungai Aur yang mengalami permasalahan dalam mata pelajaran keterampilan. Kondisi ini terlihat dari hasil keterampilan anak yang belum terampil menganyam dalam membuat sarang ketupat sate dari daun kelapa. Penelitian ini bermaksud untuk mamajukan keterampilan anak dalam membuat sarang ketupat sate dari daun kelapa dengan menggunakan metode latihan. Pelaksanaan penelitian ini kolaborasi antara peneliti dengan teman sejawat dengan bentuk kegiatan tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus satu dan dua. Masing-masing siklus terdiri dari lima kali pertemuan dengan lama kegiatan 2 x 35 menit  setiap pertemuan. Data dikumpulkan berdasarkan instrumen penelitian dan instrumen observasi yang diisi oleh observer yang telah ditetapkan sebelumnya, selanjutnya diolah dengan menggunakan teknik persentase. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Data dikumpulkan melalui observasi,tes kegiatan siswa, dokumentasi dan diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Fakta di lapangan memperoleh hasil: tes awal (assessment) awal Iroh (12.5%), Hayati (37.5%), Ainil (25%), dan Siti memperoleh nilai (25%). Siklus I nilai yang tertinggi diperoleh Hayati (62.5%), Siti (50%), Ainil dan Iroh (37.5%). Sedangkan pada siklus II bertambah meningkat dimana Hayati memperoleh nilai tertinggi (100%), Siti (100%), Ainil dan Iroh (87.5%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode latihan dapat meningkatkan keterampilan menganyam membuat sarang ketupat sate dari daun kelapa untuk anak tunagrahita ringan di kelas VI di SDLBN 1 Sungai Aur.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yusni, B. and Ardisal, A. (2019) “MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGANYAM KETUPAT BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN MELALUI METODE LATIHAN KELAS VI SDLB N 1 SUNGAI AUR”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), pp. 1052-1057. doi: 10.34004/rrj.v1i4.170.
Section
Education