Cara Belajar Siwa Autisme dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris di SMK Negeri 7 Padang

Main Article Content

Hanifah Rahma Munita
Yarmis Hasan

Abstract

      Penelitian ini berawal dari adanya temuan seorang anak autis yang berada di kelas X Musik di SMK Negeri 7 Padang yang memiliki kosa kata (Vocabulary) dan pengucapan (pronunciation) yang bagus dalam bahasa inggris Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan perihal cara belajar siswa autisme dalam belajar bahasa inggris.


      Metode penelitian bersifat studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahawa siswa autisme belajar bahasa inggris dalam proses pembelajaran di kelas sama dengan teman-teman sekelasnya yaitu menggunakan buku pelajaran dan kamus sebagai sumber belajar. Sementara itu sebelum TK autis A sudah menyukai bahasa inggris, A belajar melalui menonton acara kuis di TV dan rajin membaca kamus. Kendala yang dialami orang tua dalan mengembangkan bahasa inggris A adalah dalam hal biaya, karena tidak bisa mengikutkan A les bahasa inggris. Sementara itu dalam proses pembelajaran kendala yang dialami A dalam bahasa inggris adalah ketika belajar tensis dan suka marah apabila konsentrasinya terganggu saat belajar.  Saat menulis A sedikit lambat dan terkadang tertinggal dengan teman-temannya. Usaha guru  mengatasi kendala A dalam belajar tensis adalah dengan memberikan soal khusus kepada A yang mudah dipahaminya. Untuk menulis lambat guru mendiktekan kembali beberapa yang tertinggal, apabila tidak sempat A meminjam catatan temannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Munita, H. and Hasan, Y. (2019) “Cara Belajar Siwa Autisme dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris di SMK Negeri 7 Padang”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), pp. 1076-1082. doi: 10.34004/rrj.v1i4.173.
Section
Education