PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TENTANG MATERI LAS OKSI-ASETELIN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMK JURUSAN TEKNIK LAS

Main Article Content

Iqbal DN Quick Calvin
Jasman Jasman

Abstract

Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi. Salah satu alat komunikasi dalam proses pembelajaran adalah media pembelajaran. Di sekolah guru lebih sering menggunakan media berupa papan tulis. Media tersebut tidak melibatkan semua gaya belajar peserta didik, akibatnya peserta didik kurang termotivasi dan kurang aktif. Sebanyak 66,65% peserta didik kesulitan memahami materi Las Oksi-Asetelin sehingga dibutuhkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif. Guru diharapkan mampu meningkatkan kecakapan, ketangkasan dan keterampilan peserta didik. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan menghasilkan multimedia interaktif menggunakan macrmedia flash tentang materi Las Oksi-Asetelin untuk peserta didik kelas XI SMK Jurusan Teknik Las yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Plomp. Model ini ada tiga tahap yaitu tahap investigasi awal, tahap pembuatan prototipe, dan tahap penilaian. Uji validasi dilakukan oleh 3 orang validator dan uji praktikalitas oleh 1 orang guru serta 10 orang peserta didik kelas XI Jurusan Teknik Las SMKN 2 Payakumbuh. Hasil validitas didapatkan nilai rata-rata yaitu 96,90% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru yaitu 100% dengan kriteria sangat praktis dan nilai uji praktikalitas oleh peserta didik yaitu 92,51% dengan kriteria sangat praktis. Disimpulkan bahwa multimedia interaktif menggunakan macrmedia flash tentang materi Las Oksi-Asetelin untuk peserta didik kelas XI SMK Jurusan Teknik Las yang dikembangkan valid dan praktis..

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Quick Calvin, I. and Jasman, J. (2019) “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TENTANG MATERI LAS OKSI-ASETELIN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI SMK JURUSAN TEKNIK LAS”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), pp. 1083-1089. doi: 10.34004/rrj.v1i4.174.
Section
Education