PENGEMBANGAN ALAT BANTU BINOCULAR EYEGLASSES DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF AWAS BAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA LOW VISION

Main Article Content

Shinta Bella
Asep Ahmad Sopandi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan terkhususnya dalam membaca pada penyandang hambatan penglihatan low vision pada saat aktivitas membaca buku atau modul yang menggunakan ukuran maksimal 12 Times New Roman. Peneliti mengembangkan alat bantu membaca bagi peserta didik penyandang low vision untuk membantu membaca dengan mandiri. Peneliti menggunakan desain pengembangan metode penelitian research and development, peneliti mengembangkan alat bantu membaca bagi penyandang hambatan penglihatan low vision dan produk tersebut divalidasi oleh validator ahli teknologi pendidikan dan ahli pendidikan luar biasa. Kemudian revisi produk sesuai dari saran validator ahli dan uji coba kepada penyandang hambatan penglihatan low vision di SMKN 7 Padang. Subjek penelitian diberikan preetest dan posttest untuk melihat hasil kepraktisan, kegunaan dan kelayakan alat. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara dan analisis dokumen.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa umumnya alat bantu yang diberikan kepada anak dengan hambatan penglihatan low vision cukup tepat karena dapat membantu peserta didik low vision membaca dengan mandiri. Dari segi kepraktisan alat bantu tersebut cukup praktis karena dapat dibawa kemana-mana dengan ukurannya yang standard seperti kacamata pada umumnya dan peserta didik dapat memakainya secara mudah. dari kegunaannya, alat bantu tersebut cukup bermanfaat bagi peserta didik low vision  dalam membantu membaca secara normal jarak antara mata dengan buku yang hendak dibaca, jika sulit terlihat peserta didik low vision cukup mudah untuk membesarkan huruf dengan mengatur diperbesar atau diperkecilnya lensa pada alat tersebut serta dapat mempertajam sendiri apabila tulisan yang dibaca terlihat buram. Dari segi kelayakan, alat bantu tersebut aman dalam pemakaiannya, penggantung kepala yang terbuat dari karet elastis saat digunakan dalam ukuran kepala yang besar ataupun kecil dan untuk pemakaian mata juga aman karena memiliki pelindung karet pada kedua mata agar tidak terasa sakit ataupun terasa pedih saat menggunakannya. Namun ada beberapa masalah yang ditemukan pada alat bantu tersebut seperti pemakaiannya, alat bantu ini akan kesulitan apabila digunakan oleh peserta didik dengan hambatan penglihatan low vision yang juga memiliki mata juling atau posisi kedua bola mata kiri dan kanan tidak sama.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bella, S. and Sopandi, A. A. (2019) “PENGEMBANGAN ALAT BANTU BINOCULAR EYEGLASSES DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF AWAS BAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA LOW VISION”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 1(4), pp. 1122 - 1128. doi: 10.34004/rrj.v1i4.180.
Section
Sosial Sciences