MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK, TAKSTIL (VAKT) PADA ANAK DISLEKSIA

Main Article Content

Yovi Van Donal
Armaini
Elsa Efrina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak disleksia. Subjek dalam penelitian ini adalah anak disleksia kelas 3 SDLB di SLB YMIK Bayang. Penelitian dilaksanakan di SLB YMIK Bayang. Metode yang digunakan adalah SSR (penelitian subjek tunggal) dengan desainnya AB. Desain A merupakan kondisi dasar yaitu kondisi sebelum diberikan konsultasi dan desain B merupakan kondisi saat diberikan bantuan atau intervensi. Hasil dari analisis grafik visual dari penelitian ini menunjukkan menggunakan media visual, auditori, kinestetik, taksil (VAKT) memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak disleksia. Kemudian hasil penelitian ini juga terbukti pada perubahan terbukti dari variabel ke variabel. Perubahan level setiap antar kondisi A / B yaitu 29,19% - 25% = 4, 14% dan hasil persentase tumpang tindih pada intervensi (B) dan baseline (A) yang diperoleh 11,11%. Dari hasil penilaian ini dapat ditarik kesimpulan dari metode VAKT ini dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kesulian membaca atau disleksia.


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Van Donal, Y., Armaini and Efrina, E. (2019) “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK, TAKSTIL (VAKT) PADA ANAK DISLEKSIA”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(1), pp. 43 - 50. doi: 10.34004/rrj.v2i1.192.
Section
Education

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'