HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENGELASAN SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK PENGELASAN DI SMK NEGERI 1 LEMBAH MELINTANG KABUPATEN PASAMAN BARAT

Main Article Content

Afdal Dinilhaq
Delima Yanti Sari

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa masih rendahnya hasil belajar siswa Jurusan Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat,pada mata pelajaran pengelasan dan kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam aktivitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang motivasi belajar dan hasil belajar serta melihat korelasi motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini bersifat kolerasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk melihat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Lembah Melintang sebanyak 61 orang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 38 orang menggunakan rumus dari Riduwan. Pengumpulan data dari responden di lakukan melalui angket penelitian. Pengolahan data mengunakan bantuan program Excell dan SPSS (Statistic Product Service Solution) versi 18,00.Penelitian ini berasal dari observasi dan monitoring langsung penulis pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat pada tahun pelajaran 2018/2019, bahwa hasil belajar siswa masih ada yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan hipotesis memperlihatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI mata pelajaran teknik pengelasan di SMK Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat, dengan besar sumbangan sebesar 51,3%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dinilhaq, A. and Yanti Sari, D. (2019) “HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENGELASAN SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK PENGELASAN DI SMK NEGERI 1 LEMBAH MELINTANG KABUPATEN PASAMAN BARAT”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(1), pp. 146 - 153. doi: 10.34004/rrj.v2i1.205.
Section
Education