PENERAPAN METODE BELAJAR DISKUSI BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK MESIN SISWA KELAS X TEKNIK PENGELASAN SMK NEGERI 1 KECAMATAN GUGUAK

Main Article Content

Asep Bunyamin
Arwizet K
Abd. Aziz
Ambiyar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa masih rendahnya hasil belajar Gambar Teknik Mesin siswa kelas X Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Gambar Teknik Mesin siswa kelas X Teknik Pengelasan melalui penerapan metode belajar diskusi berbantuan Google Classroom. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Kecamatan Guguak yang berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan ketuntasan klasikal. Pada siklus I sebesar 56,25%, pada siklus II  sebesar 65,625% dan pada siklus III sebesar 81,25%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode belajar diskusi berbantuan Google Classroom dapat meningkatkan hasil belajar Gambar Teknik Mesin.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bunyamin, A., K, A., Abd. Aziz and Ambiyar (2019) “PENERAPAN METODE BELAJAR DISKUSI BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK MESIN SISWA KELAS X TEKNIK PENGELASAN SMK NEGERI 1 KECAMATAN GUGUAK”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(1), pp. 213 - 218. doi: 10.34004/rrj.v2i1.212.
Section
Education

Most read articles by the same author(s)