STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBAL THROWING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN (DPTM) SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI

Main Article Content

Erik Setiawan
Primawati

Abstract

Observasi yang dilakukan di SMK Negeri 1 Bukittinggi, terdapat hasil belajar dan aktivitas pembelajaran yang rendah. Hal ini terjadi karena model pembelajaran yang diterapkan masih bersifat monoton dan kurang bervariasi, serta mengakibatkan banyak siswa yang dalam proses pembelajarannya kurang aktif dan kurang memperhatikan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa antara model pembelajaran Snowball Throwing dengan metode pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah studi komperatif dengan menggunakan dua kelompok. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X jurusan Teknik Mesin SMK Negeri 1 Bukittinggi yang berjumlah 60 orang, 30 orang pada kelas kontrol dan 30 orang pada kelas eksperimen. Hasil Belajar di analisis menggunakan bantuan aplikasi SPSS (Statistick Product Service Station) versi 16.0. Analisis Independent Sample T-test yang diperoleh nilai hasil pengujian menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000. Hal ini dibuktikan dengan dasar pengambilan keputusannya, jika nilai signifikan (2-tailed) < 0.05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas control. Dan sebaliknya jika nilai signifikan (2-tailed) > 0.05 maka tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas control. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rat-rata yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol.  

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Setiawan, E. and Primawati (2019) “STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBAL THROWING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN (DPTM) SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK MESIN SMK NEGERI 1 BUKITTINGGI”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(1), pp. 238 - 243. doi: 10.34004/rrj.v2i1.215.
Section
Education

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'