MEDIA KARTU SUKU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK DENGAN DISLEKSIA

Main Article Content

Nurhalisa Jumahir
Armaini

Abstract

Kesulitan membaca pada anak merupakan salah satu permasalahan yang sering ditemui di sekolah dasar, sehingga pendidik perlu memiliki berbagai upaya dalam membantu meningkatkan kemampuan membaca pada anak yang mengalami kesulitan membaca (disleksia). Salah satu cara yang bisa  dilakukan oleh pendidik adalah penggunaan media dalam pembelajaran membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penggunaan media kartu suku kata dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada dengan anak disleksia kelas III Sekolah Dasar). Jenis penelitian ini adalah penelitian Single Subject Research dengan desain Reversal A-B-A yang terdiri dari tiga kondisi. Partisipan dalam penelitian ini merupakan satu orang anak perempuan yang duduk di kelas III SD dan masih sering melakukan kesalahan dalam membaca sehingga kemampuan membaca permulaan masih rendah. Data dikumpulkan dengan teknik tes menggunakan instrumen tes kemampuan membaca permulaan yang berisi daftar kata yang akan dibaca oleh anak. Analisis data menggukanan analisis data visual. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perubahan kecenderungan arah yang meningkat pada kondisi intervensi dan meintenance dibandingkan kondisi baseline. Dari hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan media kartu suku kata efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak dengan disleksia.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Jumahir, N. and Armaini (2019) “MEDIA KARTU SUKU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK DENGAN DISLEKSIA”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(1), pp. 270-279. Available at: https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/219 (Accessed: 7December2019).
Section
Education
Author Biography

Armaini, Universitas Negeri Padang

Dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Padang

References

Ahmadi, A., & Jauhar, M. 2015. Dasar-dasar Psikolinguistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Aliponga, J. 2013. "Reading Journal: Its Benefits for Extensive Reading". International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 3(12), pp: 73–80.
Anderson, R. C., & Pearson, P. D. 1984. "A schema-theoretic view of basic processes in reading comprehension". Handbook of Reading Research. Vol. 1, pp: 255–291.
Jamaris, M. 2014. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia.
Koswara, D. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Berkesulitan Belajar Spesifik (Membantu Anak Berkesulitan Belajar Bahasa, Membaca, Menulis dan Matematika di Sekolah Inklusif). Jakarta: Luxima Metro Media.
Marlina. 2019. Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Masyitah, M. 2018. Efektivitas stimulasi visual menggunakan media gambar terhadap kemampuan membaca pada siswa disleksia di Sekolah Dasar Negeri Tlekung 02 Kota Batu. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Rao, S., Raj, A., Ramanathan, V., Sharma, A., Dhar, M., Thatkar, P. V., & Pal, R. (2017). Prevalence of Dyslexia Among School Children in Mysore. International Journal of Medical Science and Public Health. Vol. 6(1), pp: 159–164.
Reid, G. 2011. Dyslexia. A&C Black.
Sunanto, J., Takeuchi, K., & Nakata, H. 2006. Penelitian dengan subjek tunggal. Bandung: UPI Pres.