Meningkatkan Kemampuan Mencuci Sepatu Melalui Metode Latihan Terbimbing pada Siswa Autisme (Penelitian Tindakan Kelas) di SLB YPPA Padang

Main Article Content

Trivani Guswanti
Ardisal

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan terdapat 1 orang siswa autisme yang mengalami permasalahan kurangnya anak dalam  mempraktekan kegiatan mencuci sepatu dengan baik dan benar.  Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan membuktikan apakah metode latihan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan mencuci sepau bagi siswa autisme di SLB YPPA Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom Action Research),yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari empat pertemuan tatap muka dan disetiap pembelajaran dilakukan evaluasi. Metode penelitian ini dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas. Siklus yang dilakukan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refeksi. Data diperoleh melalui observasi, dan tes. kemudian dianalisis secara kulitatif dan kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan anak dalam kemampuan mencuci sepatu mengalami peningkatan. Hal ini diperoleh dari penelitian yang telah dianalisis yaitu berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan mencuci sepatu dapat meningkat melalui metode latihan terbimbing. Disarankan pada guru keterampilan agar dapat menggunakan metode latihan terbimbing  dalam pembelajaran keterampilan lainnya.


 


Kata kunci : Metode latihan Terbimbing, Mencuci Sepatu, Siswa Autisme

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Guswanti, T. and Ardisal (2020) “Meningkatkan Kemampuan Mencuci Sepatu Melalui Metode Latihan Terbimbing pada Siswa Autisme (Penelitian Tindakan Kelas) di SLB YPPA Padang”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 1 - 7. doi: 10.34004/rrj.v2i2.221.
Section
Education

References

Anggito, S (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Suka Bumi: CV Jejak
Aqib, Z. (2014). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widia.
Farida, A. (2010). Belajar Mencuci Sepatu. Jakarta: Pandu Aksara
Marlina. (2015). Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP PRESS.
Susilo. (2013). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.