Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Menggunakan Media Slime Pada Anak Cerebral Palsy di SLB Hikmah Miftahul Jannah Padang

Main Article Content

Shintia Febri Manef
Fatmawati

Abstract

Penelitian ini mengungkap tentang anak Cerebral Palsy kelas IIIdi SLB HIkmah Miftahul Jannah yang mengalami kesulitan dalam menulis permulaan dikarenakan anak masih mengalami masalah dalam motorik halusnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media Slime dapat meningkatkan menulis permulaan pada anak cerebral palsy. Metode penelitian yang digunakan yaitu Single Subject Research dengan menggunakan desain A-B-A. Tes yang diberikanberupa tes perbuatan yaitu menugaskan anak untuk menggerakkan alat tulis, menyalin bentuk dan menebalkan tulisan. Setelah melakukan analisis data diperoleh hasil yaitu pada A1 anak dalam menulis permulaan hasil diperoleh anak 25 persen. Pada kondisi B anak diberikan perlakuan dalam mengenal menulis permulaan menggunakan media Slime dengan pengamatan selama sembilan haridiperoleh hasil 83,33 persen. Kemudian pada A2 (baseline) pengamatan dilakukan selama lima hari dengan tidak menggunakan media Slime dan diperoleh hasil 83,33 persen. Dari hasil tersebut diketahui bahwa kemampuan menulis permulaan anak meningkat menggunakan media Slime.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Febri Manef, S. and Fatmawati (2020) “Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Menggunakan Media Slime Pada Anak Cerebral Palsy di SLB Hikmah Miftahul Jannah Padang”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 8-17. Available at: https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/222 (Accessed: 1April2020).
Section
Education

References

Andriani, E. Y., & Mardikantoro, H. B. (2018). Pengembangan Buku Pengayaan Keterampilan Menulis Permulaan yang Bermuatan Nilai Karakter pada Peserta Didik Kelas I SD Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3, 27–33.
Aprilia, R. D., & Samawi, A. (2017). Pengaruh Media Slime terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Tunagrahita Ringan Kelas II SDLB. 3 (November), 2–3.
Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. PT. Asdi Mahastya: Jakarta.
Iswari, M. (2008). Kecakapan Hidup bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.
Julianti, E., & Fatmawati. (2018). Keterampilan Shibori untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus bagi Anak Autisme. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6, 142–149.
Purwanto, N. (2013). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Putri, N. L. (2013). Kesulitan menulis permulaan pada anak usia dini dengan kelainan tunagrahita ringan. 95–99.
Sumekar, G. (2012). Ortopedagogik. Padang.
Sunanto, J. (2005). Pengantar Penelitian dengan Subyek Tunggal. Bandung: UPI Press.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'