EFEKTIFITAS MEDIA MESIN HITUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL PENJUMLAHAN PADA ANAK KESULITAN BELAJAR

Main Article Content

Rozita Azlin
Mega Iswari

Abstract

Seorang siswa berusia 10 tahun bersekolah di SDN 04 Pasar Ambacang kota Padang tergolong dalam anak kesulitan belajar. Anak tersebut mengalami kesulitan dalam menentukan hasil penjumlahan. Permasalahan tersebut menggerakkan hati dan pemikiran peneliti untuk mencoba memberikan solusi/treatmen kepada anak dengan tujuan meningkatkan hasil penjumlahan pada anak ber. Peneliti menggunakan media mesin hitung dalam membantu meningkatkan kemampuan dalam menentukan hasil penjumlahan pada anak. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah Single Subject Research (SSR) atau subjek tunggal dengan menggunakan metode A-B-A. Pada kondisi baseline pertama (A1) pengukuran dan pengumpulan data dilakukan sebanyak enam kali pertemuan yang dilakukan secara berkelanjutan. Selanjutnya dilaksanakan pemberian intervensi (B) dengan menggunakan media mesin hitung yang dilakukan sebanyak tujuh kali pertemuan dan dilakukan pengukuran beseline kedua (A2) yang dilakukan sebanyak empat kali. Data dikumpulkan menggunakan teknik-teknik observasi dan tes tertulis, pada hasil analisis data menunjukkan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa media mesin hitung dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menentukan hasil penjumlahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Azlin, R. and Iswari, M. (2020) “EFEKTIFITAS MEDIA MESIN HITUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL PENJUMLAHAN PADA ANAK KESULITAN BELAJAR”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 29-37. doi: 10.34004/rrj.v2i2.224.
Section
Education

References

Annisah, S. (2014). Alat Peraga Matematika. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 1–15.
Cozby, P. C. (2009). Methods In Behavioral Research.
Dalais, M. (2012). Kiat Mengajar Matematika di Sekolah Dasar. Padang: UNP Pres.
Nurhaeni, Pranata, O. H., & Respati, R. (2019). PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Pengaruh Media Kartu Bilangan terhadap Pemahaman Siswa Mengenai Operasi Pengurangan Bilangan Bulat. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 6(1), 58–67. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Banadung: Alfabeta.
Sulistyowati, E. (2014). PENGGUNAAN PERMAINAN DALAM PEMBELAJARAN PERKALIAN DI KELAS II SD/MI. Al-Bidayah, 6, 143–158.
Syarifah Aini, Mastar Asran, A. (2015). Penggunaan Media Konkrit Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak, 4(6), 1–14.
Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis kesulitan belajar matematika siswa kelas v sekolah dasar kota balikpapan pada materi satuan waktu tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 24–32.
Yeni, E. M. (2015). KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. JUPENDAS, 2(2), 1–10.