Perancangan Perancangan Aplikasi Kajian Islam Berbasis Android di Universitas Negeri Padang (Studi Kasus Lembaga Dakwah Kampus)

Main Article Content

Sayyidah Nabilah
Dedy Irfan

Abstract

Kajian Islam mulai berkembang pada abad ke-9 Masehi dan menjadi bidang yang mapan namun banyak mengalami pasang surut. Kajian Islam juga bisa disebut sebagai studi Islam merupakan suatu ilmu yang memiliki keterkaitan dengan Islam, bisa dipelajari di dunia pendidikan formal maupun dunia pendidikan non-formal. Orang-orang muslim memiliki kewajiban untuk menuntut ilmu agama Islam. Kewajiban itu berlaku bagi siapa saja, laki-laki, perempuan, anak-anak, dewasa maupun orang tua. Studi Islam sangatlah penting sebagai pedoman hidup seseorang agar dapat mendekatkan diri dengan Allah SWT. Dakwah bagi setiap umat muslim hukumnya wajib, yang berarti mengajak atau menyeru. Banyak hal yang dapat dilakukan sebagai bentuk dakwah. Mulai dari dakwah terang-terangan maupun dakwah secara personal ataupun sendiri--sendiri.  Pembuatan aplikasi kajian islam berbasis android di era kemajuan teknoloogi yang sangat pesat ini menjadi salah satu solusi yang baik sebagai media pembelajaran Islam saat ini. Aplikasi kajian Islam dirancang menggunakan aplikasi android studio dengan bahasa PHP dan menggunakan database MySQL. Aplikasi yang dirancang terdapat fitur kiblat, jadwal sholat, ibadah, doa harian, hitung zakat, kajian Islam, dan koreksi bacaan mengaji.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nabilah, S. and Irfan, D. (2020) “Perancangan Perancangan Aplikasi Kajian Islam Berbasis Android di Universitas Negeri Padang (Studi Kasus Lembaga Dakwah Kampus)”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 65-72. Available at: https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/232 (Accessed: 1April2020).
Section
Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM)

References

Batubara, Chuzaimah, dkk. 2018. Handbook Metodologi Islam. Jakarta: Kencana.
Buku Pedoman Karya Ilmiah/Skripsi Tugas akhir dan Proyek Akhir 2014. Padang: UNP.
Rosna. 2018. Sistem Informasi Kajian Islam Pada Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar Berbasis Web. Skripsi. Diterbitkan. Fakultas Sains dan Teknologi. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Septiawan, A. T. (2012). Pengenalan Dan Pembelajaran Cara Membaca Alquran (Ilmu Tajwid) Berbasis Mobile Android (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).