MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF KONSONAN (b,d,p dan q) MELALUI MEDIA KARTU HURUF PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG

Main Article Content

Kamiyem
Irdamurni

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf konsonan (b,d,p, dan q) melalui media kartu huruf pada anak tunagrahita kategori sedang kelas III di SLB Negeri Batam. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua  siklus. Siklus pertama terdiri dari empat kali pertemuan dan begitupun dengan siklus II terdiri dari empat kali pertemuan. Observasi, dokumentasi, dan tes yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan. Jadi hasil penelitian kemampuan mengenal huruf konsonan (b,d,p, dan q) melalui media kartu huruf meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kamiyem and Irdamurni (2020) “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF KONSONAN (b,d,p dan q) MELALUI MEDIA KARTU HURUF PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 58-64. Available at: https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/236 (Accessed: 7April2020).
Section
Education

References

Mohammad, E. (2009). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.
Iskandar. (2009). PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Cipayung: Gaung Persada (GP) Press.
Yudhi, M. (2008). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.