Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas IX di Slb Negeri 1 Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar

Main Article Content

Havivah Fadillatul. H
Asep Ahmad Sopandi

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan pembelajaran matematika bagi anak tunagrahita ringan kelas IX di SLB Negeri 1 Lima Kaum, Kab. Tanah Datar. Penelitian ini diawali dengan kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi pembelajaran diberikan guru. Pada saat pembelajaran berlangsung, beberapa siswa terlihat jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan. Peneliti menyadari bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru, terdapat beberapa komponen pembelajaran yang tidak tercapai. Oleh karena peneliti berupaya untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika, kendala yang dialami guru dalam pembelajaran matematika dan upaya yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi kendala yang dialami pada pembelajaran matematika di kelas IX di SLB Negeri 1 Lima Kaum, Kab. Tanah Datar. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas dan siswa kelas IX. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara serta study dokumentasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fadillatul. H, H. and Ahmad Sopandi, A. (2020) “Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas IX di Slb Negeri 1 Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 93-103. Available at: https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/242 (Accessed: 1April2020).
Section
Education

References

Ardhi Wijaya. (2013). Teknik Mengajar Siswa Tunagrahita. Yogyakarta: Imperium.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta : PT. Rhineka Cipta.
Kustawan, D. (2012). Pendidikan Inklusif Dan Upaya Implementasinya. Jakarta: Luxima.
Mumpuniarti. (2007). Pembelajaran Akademik Bagi Tunagrahita. Yogyakarta: FIP UNY.
Sudjana, N. (2010). Dasar- dasar Proses Belajar Mengajar. Bnadung: Sinar Baru Algensindo.
Zaenal Alimin. (2016). Modul Guru Pembelajar SLB Tunagrahita Kelompok Kompetensi C. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak - kanak Dan Pendidikan Luar Biasa, Direktor Guru dan Tenaga Kependidikan.