Media Kartu Huruf Dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Suku Kata Huruf Bilabial

Main Article Content

Desca Putri
Fatmawati

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan ditemukannya permasalahan dilapangan pada siswi kelas IV SDN 12 pisang yang belum bisa membaca suku kata huruf bilabial. Berdasarkan hasil assesmen yang dilakukan anak tidak bisa membaca huruf b, p, m, w yang merupakan huruf bilabial. Pada saat anak diminta untuk menyebutkan huruf a s/d z dalam membaca anak mengucapkan huruf b dibaca huruf q, huruf q dibaca huruf b/d, huruf m dibaca huruf w, lalu huruf w tidak bisa dibacanya. Kemampuan anak saat pembelajaran bahasa indonesia dalam membaca mengalami kesulitan pada suku kata berpola KV-KV. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca suku kata huruf bilabial pada anak, hal ini menjadikan media kartu huruf merupakan salah satu metode pembelajaran bagi anak kesulitan belajar membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk single subject research (penelitian subjek tunggal) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian adalah siswa berkesulitan belajar membaca. Penilaian yang dilakukan dalam penelitian dengan mengukur banyaknya jumlah bacaan suku kata yang mengandung huruf bilabial b, p, m, w dengan benar dan disajikan berbentuk media kartu huruf. Kartu huruf ini akan menjadi tolak ukur dalam proses peningkatan membaca anak dengan dilihat dari menyebutkan dan menunjukkan suku kata huruf bilabial.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putri, D. and Fatmawati (2020) “Media Kartu Huruf Dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Suku Kata Huruf Bilabial”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 202-207. Available at: https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/258 (Accessed: 7April2020).
Section
Education

References

Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Kedua. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Ambarini, Vinca. 2006. Kartu Pintar Huruf. Jakarta: Gramedia Jakarta.
Harjasujana, A, and Vismaia Damianti. 2003. Membaca Dalam Teori Dan Praktik. Bandung: Penerbit Mutiara.
Jamaris, Martini. 2014. Kesulitan Belajar. Bogor: Ghalia Indonesia.
Padmi, I.G.A. 2014. “Efektivitas Implementasi Metode Bermain Berbantuan Media Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Gambar Dan Sosial Emosional Anak.” Jurnal Pendidikan 4 (1).
Purnamasari, Puput, and Tjutju Soendari. 2018. “Metode VAKT Untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Ringan.” JASSI_anakku 19 (1): 25–31.
Putri, Yulida, Fatmawati, and Damri. 2013. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Metode Global Bagi Anak Kesulitan Belajar.” E-JUPEKhu 2 (3): 97–104.
Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sadjah, Edja, and Dardjo Sukarjo. 1995. Bina Bicara, Persepsi Bunyi Dan Bicara. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sumantri, Mulyani. 2001. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sunanto, Juang. 2005. Penelitian Dengan Subyek Tunggal. Bandung: UPI Press.
Sunarto, Riduwan. 2011. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan. Bandung: Percetakan Angkasa.
Yusuf, Munawir. 2006. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Secara Inklusif. Bandung: PT Refika Aditama.