Rancang Bangun Penggerak Otomatis Panel Surya Menggunakan Sensor LDR Berbasis Arduino Uno

Main Article Content

Aninda Marsela

Abstract

Pembuatan alat ini dilatarbelakangi pada Indonesia yang berada di daerah ekuator menjadikan Indonesia sebagai daerah yang memiliki nilai surplus sinar matahari karena mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Oleh karena itu, pemanfaatan energi surya merupakan salah satu energi terbarukan yang cukup efektif untuk dimanfaatkan sebagai solusi permasalahan kebutuhan energi. Salah satu pemanfaatan energi sinar matahari yaitu melalui penggunaan panel surya. Panel surya akan menghasilkan energi listrik sesuai besar intensitas cahaya yang diterimanya dari pancaran cahaya matahari. Namun dalam aplikasinya kebanyakan sel surya diletakkan secara statis sehingga penyerapan intensitas sinar matahari tidak dapat dilakukan secara optimal dan berakibat daya yang dihasilkan juga tidak maksimal. Maka, dibutuhkan alat yang dapat menjadi solusi dalam pengoptimalan penyerapan energi. Tujuan dalam penelitian ini adalah merancang sistem penggerak panel surya menggunakan sensor LDR berbasis arduino uno yang dapat bergerak mengikuti sinar matahari. Pada alat ini menggunakan sensor LDR sebagai pendeteksi intensitas cahaya matahari, motor servo sebagai penggerak panel surya menuju kearah intensitas cahaya maksimal, juga arduino uno sebagai pusat kontrol alat dan juga menggunakan LCD sebagai penampil data dari alat agar mempermudah pengecekan arus dan tegangan masukan dari panel surya. Alat ini juga menggunakan solar charge controller sebagai penstabil arus dan tegangan dari panel surya yang disimpan pada aki untuk selanjutnya dapat digunakan sebagai energi listrik cadangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Marsela, A. (2020) “Rancang Bangun Penggerak Otomatis Panel Surya Menggunakan Sensor LDR Berbasis Arduino Uno”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 222-229. Available at: https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/261 (Accessed: 7April2020).
Section
Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM)

References

Junial, H. (t.thn.). Pengujian Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Solar Cell Kapasitas 50WP. 47.
Roni, S., & Wildian. (2015). Rancang Bangun Solar Tracker Berbasis Mikrokontroller ATmega8535 Dengan Sensor LDR Dan Penampil LCD. Jurnal Fisika Unand , 114.
Subekti, Y., Gede, S., & RA, R. H. (2015). Pengaruh Perubahan Intensitas Matahari Terhadap Daya Keluaran Panel Surya. Jurnal Pengabdian LPPM UNTAG Surabaya , 193.
Wahyu, F., & Adhy, P. (2017). Pengujian Panel Surya Dinamik Dan Statik Dengan Menggunakan Perbandingan Daya Output. JOM FTEKNIK , 3.