Kontribusi Kompetensi Kepribadian Guru dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa

Main Article Content

Siti Hartini
Nelda Azhar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kompetensi kepribadian guru dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar dasar listrik dan elektronika siswa. Penelitian  ini menggunakan  jenis  penelitian deskriptif kolerasional dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi adalah sebanyak 49 orang siswa, jumlah sampel yang diambil sebanyak 33 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode angket (Kuisoner). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Kompetensi keperibadian guru dan kreativitas siswa secara bersama-sama memberi kontribusi sebesar 37,95 % terhadap hasil belajar siswa. Kompetensi keperibadian guru memberi konstribusi 37,57 % dan Kreativitas siswa memberi kontribusi sebesar 25,3% terhadap hasil belajar siswa. Hal ini menunjukan bahwa Kreativitas siswa berkontribusi terhadap hasil belajar siswa. artinya teradapat Kontribusi Kompetensi Kepribadian Guru Dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik Dan Elektronika Siswa Kelas X Teknik Audio Video Smk Negeri 2 Payakumbuh.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hartini, S. and Azhar, N. (2020) “Kontribusi Kompetensi Kepribadian Guru dan Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 266-275. Available at: https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/263 (Accessed: 7April2020).
Section
Education

References

Ayu Sri Menda. 2019. Pengembangan Kreativitas Siswa. Jakarta: Guepedia.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Jejen Musfah. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada media Group.
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
_______. 2017. Statistika untuk Penelitian.
Bandung: Alfabeta.