Meningkatkan Kemampuan Mengenal Nilai Nominal Uang Melalui Multimedia Interaktif pada Siswa Tunagrahita Ringan

Main Article Content

Astri Akmalia Siregar
Damri

Abstract

Penelitian ini membahas tentang usaha dalam meningkatkan kemampuan siswa tunagrahita ringan dalam mengenal nilai nominal uang. metodologi yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. penelitian ini memiliki tujuan membuktikan bahwa kemampuan siswa dalam mengenal nilai nominal uang dapat ditingkatkan melalui multimedia interaktif. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan, setiap akhir pembelajaran akan diberikan evaluasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa tunagrahita ringan dalam mengenal nilai nominal uang dapat ditingkatkan melalui multimedia interaktif. Hal ini dapat dibuktikan dengan siswa D dan juga siswa F sudah memiliki kemampuan yang bagus dalam mengenal nilai nominal uang, dimana siswa sudah memiliki kemampuan yang bagus dalam menunjukkan dan menyebutkan nilai nominal uang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Akmalia Siregar, A. and Damri (2020) “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Nilai Nominal Uang Melalui Multimedia Interaktif pada Siswa Tunagrahita Ringan ”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 240-247. Available at: https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/265 (Accessed: 1April2020).
Section
Education

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2019. Penelitian Tindakan Kelas (ketiga). Jakarta: Bumi Aksara.
Marlina. 2015. Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus (Pendekatan Psikoedukasional) (Revisi). Padang: UNP Press.
Munir. 2012. Multimedia (Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bnadung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wantah, M. J. 2007. Pengembangan Kemandirian Anak Tunagrahita Mampu Latih. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Dikti, Direktorat Ketenagaan.