Meningkatkan Vokasional Membuat Bunga Dari Kain Perca Melalui Self Regulated Learning Bagi Anak Tunarungu Kelas VII di SLB Fan Redha Padang

Main Article Content

Fitri Pujiati
Nurhastuti

Abstract

Sasaran pengajaran vokasional  berguna meningkatkan kemampuan vokasional anak tunarungu agar cakap dalam mengembangkan potensi diri dan mengambil peluang untuk bekerja yang merupakan bekal hidup mandiri.  Dalam pembelajaran vokasioanl anak diberikan kegiatan yang memanfaatkan sisa bahan kain untuk membuat bunga dengan proses jahit tangan sesuai dengan kompetensi dasar mata pelajaran prakarya. Penulisan  artikel ini bertujuan untuk menjelmakan kemakbulan metode self regulated learning pada pembelajaran prakarya dalam meningkatkan kemampuan vokasional anak tunarungu dalam membuat bunga dari kain perca.  Terdapat tiga kegiatan utama dalam pembelajaran ini, pertama melakukan bedah kurikulum untuk menentukan kompetensi dasar yang tepat sebagai dasar untuk membuat rencana pembelajaran, kedua melaksanakan kegiatan sesuai rencana pembelajaran, ketiga melakukan refleksi untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak dan keefektifan metode self regulated learning. Berdasarkan hasil evaluasi anak pada pelaksanaan kegiatan disetiap pertemuan, terlihat hasil bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan vokasional anak tunarungu dalam membuat bunga dari kain perca dengan metode self regulated learning di SLB Fan Redha Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pujiati, F. and Nurhastuti (2020) “ Meningkatkan Vokasional Membuat Bunga Dari Kain Perca Melalui Self Regulated Learning Bagi Anak Tunarungu Kelas VII di SLB Fan Redha Padang”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 248-255. Available at: https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/266 (Accessed: 1April2020).
Section
Education

References

Afdal, A., Iswari, M., Alizamar, A., Ifdil, I., Syahputra, Y., & Nurhastuti, N. (2019). Career Planning Differences Between Male and Female Deaf Students. Specialusis Ugdymas, 1(39), 99–108. https://doi.org/10.21277/se.v1i39.409
Aisah, Aisyah, N. T., & Novitasari, D. (n.d.). Kencana; Kerajinan Kain Perca Menjadi Line Art Sebagai Industri Kreatif Berpeluang Ekonomi. Jurnal Pena, 3(1), 463.
Antono, B. A. (2020). Macam Macam Kerajinan Tangan Dari Kain Perca. 1–10.
Hamonangan, R. H., & Widiyarto, S. (2019). Pengaruh Self Regulated Learning Dan Self Control Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. In Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran (Vol. 7, Issue 1, pp. 5–10).
Heni, H., Martias, & Sumekar, G. (2013). Efektifitas Metode Al-Bayan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Bagi Anak Tunarungu. E-JUPEKhu, 2(September), 682–691.
Http://santaidamai.com/kerajinan-dari-kain-perca/. (n.d.). 24+ Contoh Kerajinan dari Kain Perca, Gambar, Video dan Cara Membuatnya.
https://kbbi.web.id/komputasi. (n.d.).
Jaya, I., & ardat. (2013). Penerapan Statistik untuk Pendidikan. citapustaka Media Perintis.
Latipah, E. (2010). Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar: Analisis, Kajian Meta. Jurnal Psikologi, 37(1), 110–129.
Rahmiyati, A. (2017). PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(9). http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/21609
Rizki, M., & Afan, M. (2015). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Vokasional Berbasis Pada Kebutuhan Dunia Industru. 29, 134–143.
Rosana, D., & Setyawarno, D. (2016). Statistik Terapan untuk Penelitian Pendidikan disertai dengan analisis dengan aplikasi SPSS versi 22. http://staffnew.uny.ac.id/upload/198810132015041004/pendidikan/ilovepdf_merged.pdf
Widya, I. L. N. (2018). Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Mahar Pernikahan dari Uang Kertas Pada Anak Tunarungu Widya Indah Lestari 1 , Nurhastuti 2. JUPEKhu, 6, 206–213.