Menirukan Bacaan Surat Al-Iklas Ayat 1-4 Untuk Siswa Tunagrahita Ringan Memakai Media Audio Visual Di SLB Perwari Padang

Main Article Content

Rezy Nofitry
Fatmawati

Abstract

Surat al-ikhlas adalah surat yang sangat dibutuhkan untuk kaum muslim dalam kehidupan sehari – hari,karena dewasa ini surat al-ikhlas mengandung makna yang sangat berarti terutama dalam kehidupan menjauhkan diri dari godaan syetan atau para jin. Surat al-ikhlas banyak dipelajari disaat usia kanak – kanak. Sama hal nya untuk siswa dengan kebutuhan khusus. Siswa berkebutuhan khusus ialah sisiwa yang mempunyai hambatan khusus salah satunya adalah anak demgan hambatan ketunagrahitaan. Meskipun siswa ini tergolong disabilitas namun mereka tetap diwajibkan mengenal surat – surat pendek salah satunya surat al-ikhlas. Untuk kategori tunagrahita surat al-ikhlas tergolong surat yang mudah di tiru oleh siswa,dikeranakan daya ingatnya yang tergolong rendah. Pengamataan ini dilatar belakangi oleh pentingnya kita sebagai kaum muslim membaca kitab suci al-Quran. Untuk pengamatan ini pengamat menggunakan media audio visual dalam pembelajaran, yang mana fokus subjeknya yaitu satu kelas ada 4 sisiwa yang mempunyai kemampuan intelektual yang berbeda - beda

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nofitry, R. and Fatmawati (2020) “Menirukan Bacaan Surat Al-Iklas Ayat 1-4 Untuk Siswa Tunagrahita Ringan Memakai Media Audio Visual Di SLB Perwari Padang”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 276-282. Available at: https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/273 (Accessed: 7April2020).
Section
Education

References

Ahmad Warson Munawir, 1997. Almunawir Kamus Bahasa Arab-Indonesia, (Surabaya: Pustaka Progresif.
Amin, Moh.(1996). Ortopedagogik Anak Tuna Grahita. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.
Arikunto, Suharsimi.(2005). Menajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
As’ad Humam. 1994. Kumpulan Materi Hafalan Bacaan Do’a Sehari-hari Surat-Surat Pendek Ayat-Ayat Pilihan. Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ Nasional Yayasan Tim Tadarus AMM.
Aziz Abdul Rauf, (1999). Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur’an. Yogyakarta: Press.
Delphie, Bandhi. 2006. Pembelajaran Anak Luar Biasa. Bandung: Rafika Aditama.
Delphie, Bandie. (2007). Pembelajaran untuk anak dengan berkebutuhan khusus. Jakarta: Depdiknas
Ika Purbani, 2015 : penggunaan media audio visual untuk meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa tunagrahita ringan kelas IV di SLB negeri 2.
Lexy Maleong (1988). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Erlangga
Maria j, Wantah. (2007). Pengembangan kemandirian anak tunagrahita Mampu latih. Jakarta: DEPDIKNAS.
Rochyadi, Endang dan Alimin, Zaenal. 2005. Pengembangan Program Pembelajaran Bagi Anak Tunagrahita. Jakarta: Depennas.
Sayyid Muhammad Husain Thabathaba’I. (1998). Mengungkap Rahasia Al-Qur’an. Bandung: Penerbit Mirzan.
Sumantri, Sutjihati. 1996. Psikologi Anak Luar Biasa. Jakarta: Depdikbud.