Meningkatkan Kemampuan Pengembangan Diri Dalam Interaksi Sosial Melalui Permainan Mono-Aksi (Monopoli Interaksi) Bagi Siswa Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research Kelas IV Di SLB C Payakumbuh)

Main Article Content

Nailatul Fadhila
Damri

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana meningkatkan kemampuan pengembangan diri dalam interaksi sosial melalui permainan mono-aksi (Monopoli Interaksi) bagi anak tunagrahita ringan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan membuktikan bahwa permainan mono-aksi dapat meningkatkan interaksi sosial siswa tunagrahita yang merupakan bagian dari pengembangan diri. Siklus pada penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan. Adapun pemberian evaluasi akan diberikan diakhir pertemuan. Penelitian menunjukkan dengan permainan mono-aksi (monopoli interaksi) dapat meningkatkan kemampuan pengembangan diri pada interaksi sosial bagi siswa dengan hambatan intelektual atau siswa tunagrahita ringan. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa siswa F dan B dalam kemampuan pengembangan diri  pada interaksi sosial sudah menunjukkan adanya perkembangan yang baik dan peningkatan. Sehingga dapat disimpulkan dengan melalui permainan mono-aksi (monopoli interaksi) dalam proses pembelajaran pengembangan diri dapat meningkatkan kemampuan pengembangan diri pada interaksi sosial  bagi anak tunagrahita ringan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fadhila, N. and Damri (2020) “Meningkatkan Kemampuan Pengembangan Diri Dalam Interaksi Sosial Melalui Permainan Mono-Aksi (Monopoli Interaksi) Bagi Siswa Tunagrahita Ringan (Classroom Action Research Kelas IV Di SLB C Payakumbuh)”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 294-300. Available at: https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/276 (Accessed: 1April2020).
Section
Education

References

Abu, A. (2002). Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hasan, M. (2018). Pendidikan unttuk Semua: Pembangunan dan Pendidikan dalam Perspektif Ideologi-Ideologi Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Administrasi Pendidikan & Manajemen Pendidikan, 10–17.
Rina Diahwati, Hariyono, F. H. (2016). Keterampilan Sosial Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusi. 1612–1620.
Soerjono, S. (2012). sosiologi suatu pengantar. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.
Suharmini, T. (2007). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.
Sumekar, G. (2009). Anak berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.