EFEKTIFITAS PERAN BPBD KOTA PADANG DALAM MELAKUKAN PEMBINAAAN TERHADAP KELOMPOK SIAGA BENCANA (KSB)

Main Article Content

Riski Sri Harona
Zikri Alhadi

Abstract

Penelitian ini didasari melihat kenyataan bahwa seringnya terjadi bencana alam di Kota Padang, hal ini dikarenakan Kota Padang merupakan salah satu daerah yang rawan akan bencana alam. Oleh karena itu, untuk meminimalisir akibat buruk yang dapat terjadi serta mengurangi dampak yang ditimbulkan jika suatu waktu terjadi bencana maka diperlukanlah anggota masyarakat yang memiliki jiwa sosial relawan yang tinggi untuk membantu tugas Pemerintah tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas Peran BPBD Kota Padang dalam melakukan pembinaan terhadap Kelompok Siaga bencan (KSB). Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan Purposive Sampling. Data ini penulis kumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik menguji keabsahan data dengan Triangulasi Sumber. Sedangkan teknik analisis data yang dipakai adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil temuan penelitian penulis menunjukkan bahwa Peran BPBD Kota Padang dalm melakukaan pembinaan Terhadap Kelompok Siaga Bencana( KSB) dapat dilihat dari indikator analisis SWOT menurut Salusu yang penulis gunakan yaitu Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman dapat dikatakan belum efektif dikarenakan pebinaan KSB belum terstruktur dan alur kerja KSB ini belum mempunyai modul meskipun anggaran dan pelatihan nya sudah ada di Renja BPBD Kota Padang

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Harona, R. S. and Alhadi, Z. (2020) “EFEKTIFITAS PERAN BPBD KOTA PADANG DALAM MELAKUKAN PEMBINAAAN TERHADAP KELOMPOK SIAGA BENCANA (KSB)”, Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 2(2), pp. 309-315. Available at: https://ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/278 (Accessed: 1April2020).
Section
Sosial Sciences

References

DAFTAR RUJUKAN
Sumber Buku
Afifuddin.(2013). Dasar-dasar manajemen.Bandung : Alfabeta.
Hermon, Dedi. 2015. Geografi Bencana Alam. Jakarta: Rajawali Press
Moleong, Lexy J. (2009). Metode penelitian Kualitatif ( Edisi Revisi ). Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono ( 2012 ). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R⅋ D. Bandung : Alfabeta.
Steers, Richard M . (1984). Efektivitas organisasi. Jakarta : Erlangga

Sumber Artikel atau Journal
Alhadi, Z. ( 2014 ). Kesiapan jalur Dan Lokasi Evakuasi Publik Menghadapi Resiko Bencana Gempa dan Tsunami dikota Padang ( Studi Manajemen Bencana ). Humanus Vol. XIII No. 1 Th. 2014
Anam. Khairul dkk, 2018.” Kesiapan Institusi Lokal dalam Menghadapi Bencana Tsunami: Studi Kasus Kelurahan Air Manis dan Kelurahan Purus, Kota Padang”. Jurnal Wilayah Dan Lingkungan , Volume 6 Nomor 1.
Fadly Azikin Aksa, 2016.” Pembinaan Masyarakat Rawan Bencana Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Di Desa Bili-Bili Kecamatan Bontonomaru Kabupaten Gowa”.Fakultas Dakwah Dan Komunikasi. UIN Alauddin Makassar.
Habibullah,2013.Kebijakan Penanggulangan Bencana Berbasis Komunitas: Kampung siaga Bencana Dan Desa/Kelurahan Tangguh Bencana.Informasi Vol. 18, No. 02, Tahun 2013.
Natapraja, 2015. “Evaluasi Kebijak Peningkatan Kesiapsiagaan MasyarakatKota Padang Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami. Jurnal Kajian Ilmu Administrasi Negara,Volume 3 Nomor 2 .
Yomal Harly, 2015.” Tingkat Kerentanan Sosial Masyarkat Kota Padang Di Wilayah Rawan Tsinami Dengan Analisis Sisem Informasi Geografis (SIG)”.Program Pascasarjana,Universitas Bung Hatta. Padang
Dokumen dan Undang-Undang
Dokumen BPBD Kota Padang (Jumlah anggota KSB Perkelurahan disetiap Kecamatannya Tahun 2018)
Dokumen BPBD Kota Padang Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan “Laporan Pelatihan KSB 2019”
Perda Kota Padang No 03 Thn 2008 tentang Penanggulangan bencana
UU No 24 tahun 2007.
Laporan Pengukuhan dan Pelatihan Kelompok Siaga Bencana ( KSB ) Kota Padang